PERAN HUSEIN YUSUF DALAM MEMPERJUANGKAN ACEH MASA REVOLUSI KEMERDEKAAN TAHUN 1945-1949

Inawati Inawati, Zainal Abidin AW, Rusdi Sufi

Abstract


Indonesia merdeka tidak lepas dari peran para pejuang. Salah satu pejuang dari Aceh pada masa revolusi kemerdekaan adalah Husein Yusuf. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mengungkap peran Husein Yusuf sebelum revolusi kemerdekaan Indonesia; (2) peranan Husein Yusuf  pada masa revolusi; dan (3) pengaruh Husein Yusuf sebagai salah seorang tokoh perjuang di Aceh sesudah revolusi kemerdekaan. Metode sejarah (history) dari Suhartono digunakan dalam penelitian untuk menghasilkan sebuah historiogafi. Tahap metode mencakup: (1) tahap heuristik; (2) tahap kritik sumber; (3) tahap interpretasi; dan (4) tahap historiografi. Yang dimaksud dengan heuristik adalah mengumpulkan dan menemukan sumber sejarah (historical sources). Kritik sumber adalah sebuah upaya untuk mendapatkan otentisitas dan kredibilitas sumber. Kritik sumber dibagi menjadi dua yaitu pertama kritik eksternal dan kedua kritik internal. Interpretasi adalah tahap penafsiran dari sumber-sumber. Dan historiografi adalah penulisan sejarah. Hasil yang diperoleh: (1) Peran Husein Yusuf sebelum revolusi kemerdekaan Indonesia adalah sebagai salah seorang tokoh pendidik dimana ia pernah menjadi seorang guru di Bireuen. Selain itu, ia juga pernah menjadi seorang wartawan dengan tulisannya ia menuangkan pikirannya; (2) pada masa revolusi kemerdekaan Husein Yusuf menduduki jabatan stategis dalam bidang kemiliteran. Pada awal revolusi kemerdekaan ia termasuk tokoh pendiri API, kemudian Desember 1945 berubah menjadi TKR dan Husein Yusuf sebagai Ajudan Umum. Sejak tahun 1946 Husein Yusuf menjadi Komandan Divisi V/TRI Komandemen Sumatera; dan (3) pengaruh Husein Yusuf adalah sebagai salah seorang pejuang pada masa revolusi kemerdekaan. Ia juga seorang pelopor yang mendirikan Sekolah Komando Militer Akademi di Bireuen dan ikut membangun pemancar Radio Perjuangan Divisi X.

Kata Kunci: Husein Yusuf, Revolusi Kemerdekaan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hasjmy, A. 1985. Semangat Merdeka. Jakarta: Bulan Bintang.

Kartodirdjo, Suhartono. 1999. Pengantar Sejarah Indonesia Baru: Sejarah Pergerakan Nasional. “Dari Kolonialisme Sampai Nasionalisme”. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ramadhan dan Jabar, Hamid. 1995. Sjamaun Gaharu, Cuplikan Perjuangan di Daerah Modal. Jakarta: Sinar Harapan.

Rusdi, Sufi dkk. 1997. Peranan Tokoh Agama dalam Perjuangan Kemerdekaan 1945-1950: di Aceh. Jakarta: Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional.

Saleh, Hasan. 1992. Mengapa Aceh Bergejolak. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Talsya, T.A. 1990. Perjuangan Kemerdekaan di Aceh (1945-1949. Banda Aceh: Proyek Pengembangan Permesiuman.

Thamrin Z dan Mulyana, Edy. 2007. Perang Kemerdekaan Aceh. Banda Aceh: Badan Perpustakaan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Cv. Percetakan DOMINAN.

W Pranoto, Suhartono. 2010. Teori dan Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zamzami, Amran. 1990. Jihad Akbar di Medan Area. Jakarta: Bulan Bintang.

Said, Mohammad. 1985. Aceh Sepanjang Abad Jilid-II. Medan: Penerbitan Waspada.

Suny, Ismail dkk. 1975. Bunga Rampai Tentang Aceh. Jakarta: Rajawali.

Nazaruddin, Sjamsuddin. 1990. PNI dan Kepolitikannya. Jakarta: Rajawali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




INDEXED IN:


 

jimsejarah@usk.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.