MODEL BUSANA UNTUK KESELAMATAN BERKENDARA BAGI WANITA MUSLIMAH

Syarifah Millatun Nisa, Anizar Ahmad, . Fitriana

Abstract


Pemilihan model busana dengan bagian bawah yang lebih lebar seperti potongan sircle menjadi suatu mode berpakaian yang cukup digemari oleh kaum wanita, khusunya para mahasiswi. Gaya desain yang kasual dari model busana tersebut menjadi pilihan yang dianggap sesuai untuk dikenakan dalam melakukan aktifitas yang dijalani oleh mahasiswa sehari-hari, namun jika dilihat dari segi keselamatan di jalan raya, dengan penggunaan kendaraan bermotor yang menjadi alternatif transportasi yang dipilih oleh mahasiswa, model busana tersebut telah menjadi hambatan bagi keselamatan diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam tentang model busana yang menjadi hambatan keselamatan ketika berkendara roda dua, dan untuk mendesain model busana yang sesuai bagi wanita muslimah khususnya mahasiswi ketika berkendara dalam kesempatan sehari-hari atau kuliah. Penelitian ini menerapkan metode penelitian dan pegembangan atau research and development. Subjek dalam penelitian berjumlah 5 orang mahasiswi dengan menggunakan model busana yang dapat membahayakan keselamatan diri ketika berkendara, dan mahasiswi yang menggunakan kendaraan bermotor, dan berada di seputaran Kecamatan Syiah Kuala, yang dipilih dengan menggunakan teknik puposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui, observasi partisipatif yang ada di lapangan, wawancara semistruktural serta dokumentasi terhadap masalah yang terjadi. Teknik pengolahan dan analisis data diperoleh dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana data yang terkumpul  dideskripsikan dalam bentuk narasi dan diinterpretasikan dalam bentuk desain busana yang sesuai dengan  hasil yang diharapkan dari data yang diperoleh.
Kata kunci: model busana, keselamatan berkendara, muslimah

Full Text:

PDF

References


Al- Quranulkarim Al-hadist Al-Mahalli, Abu Iqmal. 2003. Muslimah Modern dalam Bingkai Al-Quran dan Al-Hadist. Yogjakarta: LeKPIM Amalia, Lia. 2017. “Seri Pintar Menjahit”. Sidoarjo: Genta Group Production Anjani. 2017. “Keselamatan dan Keamanan Diri dari Kecelakaan”. Artikel tidak diterbitkan. (http://www.kaskus.co.id/showthr ead.php?t=8038053. Diakses pada tanggal 25 Maret 2018). Habib, Ikhwan. 2013. “Keselamatan Berkendara”. Artikel tidak diterbitkan. (https://www.slideshare.net/ikhwa nq82/keselamatan-berkendara. diakses pada tanggal 24 Maret 2018) Himawan. Siti Patimah. 2014. Teknik Gampang Desain Busana dari Pola Hingga Jadi. Jakarta: Prima Jusuf AN. 2010. Cantik dengan Busana Muslimah Mudah, Murah, dan Mempesona. Yogyakarta: Laksana

Kamal,Abu malik.2008. Fiqih Sunnah Wanita. Jakarta: Pena Pundi Aksara Kim, Kara. 2017. “Fashion From A to Z”. Jakarta: Grasindo Rahmawati, Indah. 2011. “Inspirasi Desain Busana Muslimah”. Jawa Barat: Laskar Aksara Riyanto, Arifah A. 2003. Desain Busana. Bandung: Yapemdo Salim, ‘Amr Abdul Mun’im. 2005. Kode Etik Wanita Muslimah. Terjemahan oleh wahyu Widayana Al Bantani. Dari Haakadzaa Yuriidukillaahu wa Rasuuluhuu an Takuunii (2002). Jakarta: Mustaqiim Sugiono.2014. "Metode Penelitian Pendidikan". Bandung: Alfabeta Sukardi.2003. "Metodelogi Penelitian Pendidikan". Jakarta: PT. Bumi Aksara. Tim Balai Pustaka.2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Qanun Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam No 11 Tahun 2002 tentang Pelaksanaan Syariat Islam Bidang aqidah dan Syi’ar Islam pada Bab V pasal 13 ayat 1 dan 3 (http://ntmcpolri.info/home/mari-kenaliundang-undang-lalu-lintas-agartidak-ditilang/. Diakses pada tangga 24 Maret 2018) (https://insanajisubekti.wordpress.com/201 2/11/25/pengertian-senamaerobic/. Diakses pada tanggal 28 Maret 2018)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.