PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP JIGSAW PADA MATERI PEMANFAATAN TEKSTIL UNTUK BENDA KERAJINAN DI SMP NEGERI 16 TAKENGON

Ruchayanti Listiana, Rosmala Dewi, . FITRIANA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran group jigsaw. Desain penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang datanya diolah dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data penelitian bersumber dari Guru Pelajaran Keterampilan dan 24 siswa kelas VIII/1 SMP Negeri 16 Takengon. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kepada siswa dan lembar observasi aktivitas siswa. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, siswa memperoleh nilai rata-rata 94,16 (100 % tuntas) pada tes postes. Secara keseluruhan aktivitas siswa pada siklus I sudah dikategorikan “baik” meskipun belum maksimal dan masih terdapat beberapa kegiatan yang dikategorikan “cukup”. Selanjutnya pada siklus ke II mada praktikum memperoleh nilai rata-rata 82,70 (100 % tuntas) hasil ini sudah mencapai target yang yang ditetapkan yaitu sebanyak 75% siswa yang tuntas. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran group jigsaw dapat dapat memberi kesempatan kepada siswa bertanggungj awab terhadap materi secara pribadi dandisampaikan kepada kelompok, lebih mudah memahami apa yang disampaikan oleh guru, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal. Mengingat penggunaan model pembelajaran group jigsaw pada materi pemanfaatan tekstil dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, disarankan kepada guru Keterampilan sebaiknya menggunakan model pembelajaran group jigsaw pada materi lainnya.

 

Kata Kunci: Group Jidsaw, Pemanfaatan Tekstil, Hasil Belajar



Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan : Depdiknas.

Budiani, N. L., Yudana, I Made., Landrawan, I Wayan. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Jidsaw untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar di SMK Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha. Vol3 Nomor 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/7450

Darsono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang; IKIP Press.

Depdiknas, 2003. Interaksi Belajar Mengajar. JakartaL Depdiknas

Fitriana dan Rosmala Dewi. 2015. Peran Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Vokasional Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Jidsaw di SMP Negeri 18 Banda Aceh. Prosiding Konvensi Nasional APTEKINDO Se-Indonesia. http://jurnal.upi.edu/proceedingfptk/view/3026/Peran%20Guru%20dalam%20Meningkatkan%20Hasil%20Belajar%20Siswa%20%20pada%20Pelajaran%20Vokasional%20Melalui%20Model%20%20Pembelajaran%20Kooperatif%20Tipe%20Pair%20Jigsaw%20%20di%20SMP%20Negeri%2018%20Banda%20Aceh.

Hamalik, Oemar. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurfadhilah. 2012. Modul Strategi Belajar Mengajar Ekonomi, Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Putri Raihanum. 2016. Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Menjahit Aplikasi pada Media Audio Visual di SMK Negeri 1 Mesjid Raya. https://etd.unsyiah.ac.id/baca/index.php?id=25779&page=2

Puspitasari, E.A. 2013. Implementasi Model Jidsaw pada Pelajaran Kewirausahaan untuk Meningkatkan Hasil Belahar Siswa Kelas X Busana Butik di SMK N 6 Purworejo. Skripsi. Online. https://www.google.com/search?safe=strict&client=firefox-b-d&ei=QlrnX5maJpCv9QOv66igDw&q=model+jidsaw+pada+pembelajaran+prakarya&oq=model+jidsaw+pada+pembelajaran+prakarya&gs_lcp=CgZwc3ktYWIQAzoICCEQFhAdEB46CgghEBYQChAdEB46BAghEAo6CwgAEMkDEAgQDRAeOgcIIRAKEKABUM78BVjcxwZglt0GaABwAHgAgAGbAYgB7BGSAQQ1LjE2mAEAoAEBqgEHZ3dzLXdpesABAQ&sclient=psy-ab&ved=0ahUKEwiZw4zI_uvtAhWQV30KHa81CvQQ4dUDCAw&uact=5

Sri Rizki Fitria, Mukhirah, Fitriana. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Prakarya di MAN 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiaah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Volume 1 No 2. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pkk/article/view/5327

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Sulanjari, M. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Jidsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Kontrol pada Siswa Kelas X Mekatronika SMK Negeri Tembarak Temanggung. Skripsi. Online. https://www.google.com/search?safe=strict&client=firefox-b-d&ei=QlrnX5maJpCv9QOv66igDw&q=model+jidsaw+pada+pembelajaran+prakarya&oq=model+jidsaw+pada+pembelajaran+prakarya&gs_lcp=CgZwc3ktYWIQAzoICCEQFhAdEB46CgghEBYQChAdEB46BAghEAo6CwgAEMkDEAgQDRAeOgcIIRAKEKABUM78BVjcxwZglt0GaABwAHgAgAGbAYgB7BGSAQQ1LjE2mAEAoAEBqgEHZ3dzLXdpesABAQ&sclient=psy-ab&ved=0ahUKEwiZw4zI_uvtAhWQV30KHa81CvQQ4dUDCAw&uact=5

Yusuf, Taslimah. 1996. Manajemen Perpustakaan Umum. Jakarta; Universitas Terbuka Depdikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.