PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK PADA PHOTO BOOTH ACARA RESEPSI PERNIKAHAN

Irma Muliani, Fitriana ., Rosmala Dewi

Abstract


 

Pemanfaatan limbah plastik merupakan salah satu upaya mengatasi permasalahan limbah plastik disekitar masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan limbah plastik pada photo booth acara resepsi pernikahan. Penelitian mengunakan metode eksperimen terapan pada photo booth. Objek penelitian adalah hiasan photo booth, dan sebagai subjeknya hiasan pelengkap photo booth dari bahan limbah plastik. Pengumpulan data melalui dokumentasi, kepustakaan, dan eksperimen terapan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hiasan photo booth limbah plastik dan gelas plastik dengan berbagai hiasan yang menarik, dengan pemanfaatan limbah plastik dan gelas plastik berbagai bentuk hiasan bunga dapat dikreasikan dengan bentuk lampion.  Pelengkap photo booth kain hyget organdi dan furniture. Langkah yang sistematis perlu diperhatikan agar menciptakan photo booth yang menarik, oleh karena itu alat dan bahan yang dibutuhkan dapat disesuaikan dengan produk yang akan dibuat. Kendala dalam proses pembuatan hiasan photo booth harus mengumpulkan terlebih dahulu limbah plastik di lingkungan masyarakat. Pada saat proses pembuatan perlu hati-hati karena terkadang dapat terjadi kecekaan kerja, saat proses penempelan bahan limbah plastik. Namun demikian photo booth limbah plastik dapat mengatasi permasalahan limbah plastik yang dihadapi masyarakat saat ini dan juga dapat menambah ekonomi bagi masyarakat.

Kata Kunci :Limbah Plstik, Photo Booth, Resepsi Pernikahan

Full Text:

PDF

References


Basuki, Rahmat. 2011. Skripsi. Studi

Tentang Kerajinan Kuningan Di

Central Of Bronzes Milik H.Istono

(jurnalonline.um.ac.id/data/.../

artikel713FB0F619B95C28A4

EB0BAC559AA506.pdf., di akses

Juni 2017

Depdiknas. 2008. Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian Pendidikan. Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta.

Ernawati dkk. 2008. Tata Busana. Jilid 2. untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Depdiknas. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Hastuti. 2009. Kombinasi Warna. Surabaya: Irianti Mitra Utama

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2006. Jakarta

Nurhenu Karuniastuti. 2013. Bahaya

Plastik Terhadap Kesehatan dan

Lingkungan. Swara Patra. Majalah Ilmiah PPSDM Migas. Volume 3 No.1

Margono, S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta

Nasution. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara.

Sulkan, M. 2007. Limbah Plastik: Jakarta Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.