POLA PENGASUHAN ORANG TUA DALAM MEMBINA PERILAKU ANAK DALAM KELUARGA DI KABUPATEN ACEH BESAR

Dzafirah ., Annizar Ahmad, Fitriana .

Abstract


Pola asuh merupakan salah satu faktor yang secara signifikan turut membentuk karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pengasuhan orang tua dalam membina perilaku anak dalam membina perilaku anak dalam keluarga di Desa Meunasah Tutong, Kabupaten Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskrptif kualitatif. Subjek penelitian ibu-ibu yang memiliki anak usia 10-19 tahun yang masih mengikuti pendidikan formal berjumlah 4 orang yang berdomisili di Desa Meunasah Tutong. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua menerapkan pola asuh campuran yaitu pola asuh campuran yaitu pola asuh demokratis dan permisif, ada pula pola asuh demokratis dan otoriter, dan ada yang menerapkan pola asuh otoriter dan permisif. Perilaku anak di Desa Meunasah Tutong menunjukkan bahwa anak cenderung bersifat pemberontak, kurang disiplin, kurang jujur, kurang sopan, nakal, sering ugal-ugalan di jalan raya, bahkan ada menyalahgunakan fasilitas umum. Lingkungan bermain ternyata dapat mempengaruhi perilaku anak diantaranya teman sebaya, tidak adanya sarana prasarana bermain, dan tidak adanya fasilitas olah raga juga mengakibatkan anak-anak menjadikan tempat ibadah, Balai PKK, lembaga pendidikan yang ada di Desa tersebut sebagai fasilitas bermainnya. Simpulan penelitian ini adalah pada dasarnya perilaku anak sudah dibina dengan baik, namun karena orang tua kurang konsisten dalam menerapkan peraturan dalam keluarga menjadikan anak cenderung bersikap pemberontak, kurang jujur, kurang sopan bahkan ugl-ugalan di jalan raya. Disarankan orang tua agar mengetahui berbagai macam pola asuh beserta dampak positif dan negatifnya, kepada perangkat Desa Meunasah Tutong diharapkan agar dapat menyediakan sarana dan prasarana olah raga di desa sertadapat membentuk berbagai organisasi dari bidang olahraga dan kesenian sehingga dapat menampung aspirasi remaja agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang buruk.

 

Kata Kunci: Pola Asuh, Perilaku Anak, Keluarga


Full Text:

PDF

References


Ahmad dan Mubiar. 2011. Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Refika Aditama.

Fitriana, Hartoyo, Amini Nasoetion. 2007. Hubungan Pola Asuh, Status Gizi dan Status Kesehatan Anak Balita Korban Gempa dan Tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam. Media Gizi & Keluarga, Volume 31. Diakses Juni 2017. https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/58052

Fitriana. 2006. Pola asuh, Status Gzi dan Perkembangan Sosial Anak Balita Korban Gempa dan Tsunami di Provinsi Nannggroe Aceh Darussalam. Tesis, Institut Pertanian Bogor. https://www.worldagroforestry.org/publication/pola-asuh-status-gizi-dan-perkembangan-sosial-anak-balita-korban-gempa-dan-tsunami-di

Gunarsa, Singgih, dkk. 2010. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta : PT. BPK Gunung Mulia.

Herupurnomo, 2000, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Remaja. Http:// Blogdetik.Com/2014/12/29/Faktor-Faktor-Yang-Mempengaruhi-Perilaku_Remaja/ (Diakses 10 Desember 2015 10.20 Wib)

Hurlock, Elisabeth. 2006. Psikologi Perkembanagn Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Nuhrisan, Juntika A., dan Agustin, M. 2011. Dinamika Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: PT Refika Aditama.

Santrock, W. John. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.

Sjarkawi. 2008. Pembentukan kepribadian anak peran moral, intelektual, emosional, dan sosial sebagai wujud integritas membagun jati diri. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sunarti, E. 2004. Mengasuh Dengan Hati. Tantangan yang Menyenangkan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Dan Peradaban. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.