ANALISIS MORFOLOGI PINUS (Pinus merkusii Jungh. et de Vriese) STUDI KASUS: LUT TAWAR DAN LINGE, ACEH TENGAH

Vera Melinda, Rita Andini, Lola Adres Yanti

Abstract


Pohon pinus termasuk dalam famili Pinaceae memiliki sebaran yang luas mulai dari bumi belahan utara hingga selatan dan mencakup hampir 120 spesies. Pinus yang tumbuh asli di Sumatera terbagi menjadi tiga galur, yaitu: Aceh, Kerinci, dan Tapanuli. Galur Aceh dikenal sebagai populasi terbesar di antara ketiganya dan tumbuh secara alami. Umumnya tumbuh di dataran tinggi atau lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Ketinggian tempat (altitude) sangat berpengaruh terhadap ketinggian dan umur tanaman. Ketinggian tempat dipengaruhi oleh iklim terutama curah hujan dan temperatur udara. Tinggi tempat berpengaruh terhadap temperatur udara dan intensitas cahaya (Nurmasari dan Djumali, 2010).) Metode yang digunakan pada penelitian ini purposive sampling. Data yang diperoleh dari dua ketinggian tempat yang berbeda ditulis di excel kemudian di uji dengan Statistik dengan uji Independent samples t-test, uji ini untuk mengetahui perbedaan dari dua populasi/kelompok data. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa perbedaan altitude dapat menyebabkan perbedaan yang signifikan (p < 0.05) pada 3 parameter yaitu tinggi pohon (m), tinggi cabang pertama dari tanah (cm), diameter batang (cm), jumlah cabang (unit). Sedangkan, perbedaan altitude tidak menyebabkan perbedaan yang signifikan (p > 0.05) pada 2 karakter morfologi yaitu panjang strobilus betina (cm), dan diameter strobilus betina (cm)


Full Text:

PDF

References


Sitompul., H., F. 2019. Analisis Vegetasi Tumbuhan Bawah Pada Tegakan Alam Pinus merkusii Jungh Et De Vriese Strain Tapanuli Di Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara. Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara. Medan.

Siregar, E.B.M. 2005. Pemuliaan Pinus merkusii. Fakultas Pertanian. Kehutanan USU.

Orwa, C., Mutua, A., dan Kindt, R. 2009. Pinus merkusii Junghuhn & de Vriese Pinaceae Pinus merkusii Junghuhn & de Vriese. Nairobi. Kenya. vol 4

Andini, R.,1 * Melinda, V.,1 Pardede, E.,2 Yanti, L., A.,1 Hmon, K., P., W.,3 Moulana, R1., Indrioko, S4. 2022. Morphological Variation of Aceh Pinus (Pinus merkusii). In: Proceeding of The 3rd International Confere nce on Agriculture and Bio-industry (ICAGRI 2021). Banda Aceh. Indonesia.

Indrajaya, Y dan Wuri, H. 2008. Potensi hutan Pinus merkusii Jungh. et de Vriese sebagai pengendali tanah longsor di Jawa. Info. Hutan.

Sufardi. 2020. Pertumbuhan Tanaman. Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Herwati, A., Suwarso, dan Yulaikha, S. 2008. Laporan akhir hasil penelitian. Pengembangan varietas lokal tembakau. Malang.

Bustomi, S., dan Yulianti, M. 2013. Model hubungan tinggi dan diameter pohon Akasiasebagai penghasil kayu energy di Kabupaten Purwokerto Provinsi Jawa Tengah. Peningkatan Produktifitas Hutan. Bogor.

Santosa, G. 2010. Pemanenan Hasil Hutan Bukan Kayu : Penyadapan Getah Pinus. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Santoso, A., Muliyawati, E., S., Purnomo, D. 2015. Kajian Ekologi Keanekaragaman Jenis dan Potensi Pohon. Jumantono. Karangnyar.

Haygren, S., G., dan Bowyer, J., L. 1999. Hasil Hutan dan Ilmu Kayu.Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Nuhanisa, Pangesti, R., A., Fajri, A. 2019. Metode Uji Independen T-Test, Dependen T-Test, dan Wilcoxon Signed T-Test. Universitas Gadjah Mada.

Khaerudin. 1999. Pembibitan Hutan Tanaman Industri HTI. Penebar Swadaya. Jakarta.

Prasetiya, Y., Y., P. 2015. Hubungan Kesesuaian Lahan Tanaman Pinus Dengan Kerawanan Longsor Lahan di Sub-DAS Logawa. Universitas Muhammadiyah. Purwokerto.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v7i2.20427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id