HUBUNGAN RELIGIUSITAS DENGAN DEPRESI PADA LANSIA DI PANTI WERDHA DI ACEH

Nana Safriana, Khairani Khairani

Abstract


Depresi salah satu masalah yang dialami lansia. Lansia didunia yang mengalami depresi berkisar 20% dan depresi pada lansia di panti sebesar 30-40%. Depresi dapat menimbulkan dampak seperti bunuh diri, penurunan fungsi tubuh, dan mempercepat kematian. Penanganan untuk mengurangi depresi salah satunya dengan cara kegiatan agama seperti beribadah. Tujuan penelitian ini untuk melihat Hubungan Religiusitas Dengan Depresi Pada Lansia Di Panti Werdha Aceh. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain cross sectional study. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling, yaitu sebanyak 52 orang. Pengumpulan data  dilaksanakan dari tanggal 4-11 Juli 2017 di Panti Werdha Aceh. Alat pengumpulan data berupa kuesioner yang terdiri dari 53 pertanyaan dalam skala Likert dan dichotomy choice. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk religiusitas 65,4% termasuk ke dalam katagori baik. Dan untuk depresi, 78,8% termasuk ke dalam tidak depresi atau Normal. Ada hubungan antara tingkat religiusitas dengan tingkat depresi lanjut usia di UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Banda Aceh (p value = 0,000, r 0,842). Berdasarkan penelitian ini, diharapkan kepada seluruh keluarga dan petugas UPTD agar dapat memberikan dan meningkatkan dukungan religius sehingga lansia dapat terhindar dari depresi.


Full Text:

PDF

References


Al-Atsari, A Bin AH.(1973), Intisari Aqidah Ahlul Sunnah WalJama’ah. Pustaka Imam Asy-Syafi’i

Ancok, D & Suroso, F.N (2004), Psikologi Islam Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bastable, S.B,. (2002). Perawat Sebagai Pendidik :Prinsip-Prinsip Pengajaran dan Pembelajaran, Jakarta: EGC.

Darmawan (2016) Gambaran Tingkat Depresi Pada Lansia Yang Tingal Di Panti Griy Sehat Bahagia Palur Karanganyar, Skripsi, Program Stusi Strata I, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Depkes RI (2004) Sistim Kesehatan Nasional, Jakarta.

Hawari,D. (2007)Do’a dan Zikir Pelengkap Terapi Medik ; Integrasi Agama Dalam Pelayanan Medis, Jakarta : Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Nafa, Runingga.A (2015) Hubungan Tingkat Religiusitas Dengan Tingkat Deprsi Lansia Beragama Islam Di Panti Tresna Werdha Budi Mulia 4 Margaguna Jakarta Selatan.

Nugroho, W. (2000).Keperawatan Gerontik,. Edisi 2, Jakarta : EGC

Notoatmodjo,S. (2010). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta :RinekaCipta.

Sehanto (2013) Hubungan Interaksi Sosial Dengan Tingkat Depresi Pada Lanjut Usia Di Desa Leyangan, Skripsi, Program Strata 1, STIKES Ngudi Waluyo Ungaran.

Stanley, M., Gauntlett P.B., (2007) Buku Ajar Keperawatan GerontikEdisi 2, Jakarta : EGC.

Tamher dan Noorkasiani (2009). Kesehatan Lanjut Usia Dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan, Jakarta :Selemba MedikaTrisnawati


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id