KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN KUALITAS PELAYANAN PERAWAT

Devi shasmitha, Yullyzar Yullyzar

Abstract


Kompetensi merupakan karakteristik yang mendasari seseorang berkaitan dengan efektivitas kinerja individu dalam pekerjaannya atau karakteristik dasar individu yang memiliki hubungan kausal atau sebagai sebab-akibat dengan kriteria yang dijadikan acuan, efektif atau berkinerja prima atau superior di tempat kerja atau pada situasi tertentu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan sumber daya manusia dengan kualitas pelayanan perawat di Poliklinik RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian deskriptif korelatif. Desain penelitian cross sectional study melalui pendekatan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 pasien poliklinik. Pengumpulan data dengan melakukan wawancara dengan pedoman kuesioner yang terdiri dari 35 item pertanyaan dalam skala guttman. Metode analisis data dengan analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perawat sebanyak 64% berada pada kategori baik. Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan dengan kualitas pelayanan perawat dengan p-value 0,072, terdapat hubungan keahlian dengan kualitas pelayanan perawat dengan p-value 0,000, terdapat hubungan sifat dengan kualitas pelayanan perawat dengan p-value 0,016. Terdapat hubungan konsep diri dengan kualitas pelayanan perawat dengan p-value 0,001. Terdapat hubungan motivasi dengan kualitas pelayanan perawat dengan p-value 0,009. Saran dari hasil penelitian untuk pihak rumah sakit hendaknya memberikan tambahan informasi kepada perawat tentang kualitas pelayanan perawat serta memberikan motivasi kepada perawat untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien.


Full Text:

PDF

References


Atiqoh. (2016). Hubungan Konsep Diri Dan Kepuasan Kerja Terhadap Pelayanan Keperawatan di RSU dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro. Diakses dari http://etheses.uinmalang.ac.id/6009/ pada tanggal 4 Oktober 2016

Budiarto. (2015). Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pasar Merah. Medan

Ferry,(2007). Analisis Pengaruh

Kualitas Pelayanan Terhadap Brand Image Rumah Sakit Umum dr. Pirngadi. Medan

Gultom. S. F & Madya,W.(2006). Pelayanan Pelanggan Yang Sempurna. Medan : Badan Diklat Provinsi Sumatra Utara.

Hariandja, Marihot T.E. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.

Irawati, R. (2005). Hubungan Antara Komunikasi, Sikap dan Ketrampilan Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Orthopedi Prof. Dr. Soeharso Surakarta, Karya Tulis Ilmiah tidak diterbitkan, Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses dari journals.ums.ac.id/index.php/BIK/article/download/3747/2416 pada tanggal 4 Oktober 2016.

Meilinasari. (2002), Hubungan tingkat kepuasan dengan kualitas pelayanan kesehatan puskesmas pekauman, Banjarmasin.

Moeheriono. (2010). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Surabaya: Ghalia Indonesia

Notoadmodjo, S. (2003). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugrahaningsih. (2016). Hubungan Sikap Perawat dengan Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Keperawatan Di Bangsal Pavilliun RSUD Salatiga.

Nugroho, A. D. (2012). Hubungan Motivasi Kerja Perawat Dengan Pemberian Pelayanan Keperawatan Pada Pasien Keluarga Miskin (Jamkesmas) di RSUI Kustati Surakarta

Robbins, Stephen P. (2001). Perilaku Organisasi, Edisi 8. Prentice Hall, Jakarta

Silalahi, Christine. (2013). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Perawat tentang HIV/AIDS dengan Tindakan Perawat terhadap Penderita HIV/AIDS di Rumah Sakit Pancaran Kasih Manado. Manado: Media Kesehatan FKM UNSRAT.

Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta:EGC

Tjiptono, F., dan A. Diana. (2001). Total Quality Management, Valentine, yokyakarta.

Zaniati. (2011). Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat Dengan Penerapan Universal Precaution Pada Perawat di Bangsal Rawat Inap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Widyaningsih, (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Puskesmas Tanjung Pagar,Banjarmasin. Diakses darihttps://ojs.uniska.ac.id/index.php/ANN/article/download/105/100pada tanggal 10 Agustus 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id