FAKTOR LINGKUNGAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN PERILAKU MEROKOK REMAJA DI ACEH BESAR

alif dedi setiana, Teuku Tahlil

Abstract


Karakteristik remaja yang serba ingin tahu, keinginan kuat untuk mandiri, pengaruh orang tua, pengaruh teman, pengaruh iklan, dan impian kebebasan yang bertujuan untuk pemantapan identitas diri meningkatkan resiko remaja untuk merokok. Meski semua orang tahu akan bahaya yang ditimbulkan akibat merokok, perilaku merokok masih merupakan perilaku yang dapat ditoleransi oleh masyarakat, dilingkungan rumah, kantor, angkutan umum, maupun di jalan-jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor lingkungan dengan perilaku merokok pada remaja di sebuah Desa di Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi bersifat Cross Sectional Study dengan jumlah sampel 75 orang yang dilakukan pada bulan Desember 2016. Alat pengumpulan data berupa kuesioner berjumlah 30 item pernyataan yang telah diuji validitas dan reabilitas. Hasil analisis bivariatnya terdapat hubungan lingkungan dengan perilaku merokok pada remaja (p = 0,005). Secara khusus hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan lingkungan fisik dengan perilaku merokok remaja ( p = 0,023), ada hubungan lingkungan sosial dengan perilaku merokok remaja (p = 0,001), dan ada hubungan lingkungan kultural dengan perilaku merokok remaja   (p = 0,006). Untuk itu orang terdekat remaja agar dapat mengetahui dan memahami perubahan-perubahan yang terjadi pada remaja baik perubahan fisik maupun psikologisnya agar terhindar dari pengaruh buruk lingkungan luar.


Full Text:

PDF

References


Cahyani, B. (2002). Hubungan Antara Persepsi terhadap Merokok dan Kepercayaan Diri dengan Perilaku Merokok Pada Siswa STM Muhammaddiyah Pakem Sleman Yogyakarta. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Fakultas Psikologis Universitas Gajah Mada.

Depkes. (2013). Konsumsi Tembakau dan Prevalensinya di Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI, Jakarta.

Komalasari dan Helmi. (2000). Faktor-faktor Penyebab Merokok Pada Remaja. Jurnal Psikologi Unversitas Gajah Mada Yogyakarta

Mc Gee, dkk. (2005). Is Cigarette Smoking Associated With Suicidal Ideation Among Young People? : The American Journal of Psychology. Washington. http://www.proquest.com/ [on-line].

Nasution,I.K. (2007). Perilaku Merokok Pada Remaja. Medan: Fakultas Kedokteran Universitas Sumatra Utara.

Novianti (2014) tentang Hubungan Lingkungan Pergaulan, Pengetahuan dan Kontrol Diri terhadap perilaku remaja laki-laki di SMK Ganesha Tama Boyolali

Prasetya, A. (2004). Analisa Produktifitas Pekerja dengan Metode Work Sampling: Studi Kasus pada Proyek X dan Y. Civil Engineering Dimension, 6(2), pp.73-74.

Soetjiningsih. (2004). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahanya. Jakarta: Sagung Seto

Suhariyono (2003) tentang intensitas merokok dan kecenderungan memilih tipe strategi menghadapi masalah pada siswa SMTA di Yogyakarta

Susilo, S. (2009). Psikologi Sosial. Surabaya: Jenggala Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id