HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN KUALITAS TIDUR PADA REMAJA

Armaya Jarmi, Sri Intan Rahayuningsih

Abstract


Gadget merupakan teknologi terbaru yang diciptakan dengan berbagai aplikasi yang dapat menyajikan berbagai media berita, jejaring sosial bahkan hiburan. Tingginya penggunaan gadget pada kalangan remaja akibat perkembangan teknologi menuntut remaja untuk menggunakan gadget setiap hari. Penggunaan gadget yang tinggi pada malam hari seperti waktu penggunaan, durasi penggunaan, dan aktivitas menggunakan gadget merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas tidur pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari penggunaan gadget dengan kualitas tidur pada remaja Di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif correlatif dengan desain cross sectional study. Populasi adalah siswa-siswi SMP Negeri 1 Banda Aceh. Metode pengambilan sampel adalah proposional random sampling dengan jumlah sampel 92 orang. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 12-15 Mei 2017 dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk skala guttman. Data dianalisa dengan perangkat komputer menggunakan uji chi-square dengan confidence interval 95% dan α = 0,05. Hasil uji statistik diketahui bahwa ada hubungan signifikan antara penggunaan gadget (p-value 0,000), waktu penggunaan gadget (p-value 0,008), durasi penggunaan gadget (p-value 0,004), dan aktivitas penggunaan gadget (p-value 0,026) dengan kualitas tidur pada remaja. Diharapkan kepada remaja agar dapat membatasi penggunaan gadget dan menggunakan gadget dengan baik  tanpa mengganggu kualitas tidur.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Atoilah, E. M. & Kusnadi, E. (2013). Asuhan keperawatan pada klien dengan gangguan kebutuhan dasar pada manusia. Jakarta: In Media

Budiarto, E. (2002). Biostatistika untuk anak kedokteran dan kesehatan masyarakat. Jakarta: EGC

King, D. L. Delfabbro, P. H., Zwaans, T., & Kaptsis, D. (2014). Sleep interference effects of pathological electronic media use during adolescene. international journal of mental health and addiction. Di unduh pada tanggal 22 November 2016 https://www.researchgate.net

Kominfo. (2014). Riset kominfo dan UNICEF mengenai perilaku anak dan remaja dalam menggunakan internet. Di unduh pada tanggal 5 April 2017 http://kominfo.go.id

Kompas kesehatan. (2010). Waspadai efek buruk smartphone. Di unduh pada tanggal 15 November 2016 http://kesehatan.kompas.com

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Przybylski, A. K., & Weistein, N. (2017). A large-scale test of the goldilocks hypothesis: quantifying the relations between digital-screen use and the mental well-being of adolescents. Di unduh pada tanggal 6 Maret 2017 http://sagepub.com

Saiful. (2010). Terlalu lama bermain video game. Di unduh pada tanggal 15 November 2016 http://www.health.okezone.com

Syamsoedin, W.K.P., Bidjuni., Wowiling, f. (2015). Hubungan durasi penggunaan media sosial dengan kejadian insomnia pada remaja di SMA Negeri 9 Manado. Vol 3.(1). Di unduh tanggal 15 November 2016 http://ejournal.unsrat.ac.id

Wong, D. L., Eaton. M. H., Wilson, D., Winkelstain, M. L., & Schwartz, P. (2008). Buku ajar keperawatan pediatric. vol 1. ed 6. Jakarta: EGC


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id