KECERDASAN EMOSIONAL PELAJAR DI MTsN 2 BANDA ACEH

Alifa Nadila, Fithria Fithria, Husna Hidayati

Abstract


Masa remaja diwarnai dengan ketidakstabilan emosi dan tidak sedikit remaja mengalami depresi yang ditunjukkan dengan kenakalan remaja seperti agresif, tawuran, melamun, menyendiri, merokok, hingga menggunakan obat-obatan terlarang. Remaja yang mempunyai kecerdasan emosional  baik adalah yang dapat mengelola emosinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional pelajar di MTsN 2 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif explorative dengan desain cross sectional study. Populasi penelitian ini adalah pelajar MTsN 2 Banda Aceh sebanyak 761 responden. Teknik pengambilan sampel adalah non problability sampling menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah self-report dengan alat  kuesioner baku yaitu kecerdasan emosional pada remaja. Hasil penelitian yang didapatkan adalah terdapat 60 responden (66,7%) memiliki tingkat kecerdasan emosional yang cerdas. Diharapkan kepada pelajar MTsN 2 Banda Aceh untuk terus meningkatkan kemampuan dalam mengenali, mengontrol emosi dan memusatkan pikiran pada pelajaran serta dapat mengekspresikan sesuai dengan aturan yang berlaku di lingkungannya.

Masa remaja diwarnai dengan ketidakstabilan emosi dan tidak sedikit remaja mengalami depresi yang ditunjukkan dengan kenakalan remaja seperti agresif, tawuran, melamun, menyendiri, merokok, hingga menggunakan obat-obatan terlarang. Remaja yang mempunyai kecerdasan emosional  baik adalah yang dapat mengelola emosinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional pelajar di MTsN 2 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif explorative dengan desain cross sectional study. Populasi penelitian ini adalah pelajar MTsN 2 Banda Aceh sebanyak 761 responden. Teknik pengambilan sampel adalah non problability sampling menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah self-report dengan alat  kuesioner baku yaitu kecerdasan emosional pada remaja. Hasil penelitian yang didapatkan adalah terdapat 60 responden (66,7%) memiliki tingkat kecerdasan emosional yang cerdas.Diharapkan kepada pelajar MTsN 2 Banda Aceh untuk terus meningkatkan kemampuan dalam mengenali, mengontrol emosi dan memusatkan pikiran pada pelajaran serta dapat mengekspresikan sesuai dengan aturan yang berlaku di lingkungannya.


Full Text:

PDF

References


Adriani, M., & Hidayati, H. (2016). Perception of Adolescents on Family Communication Patterns and Emotional Intelligent, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Syiah Kuala

Arunima, S., & Ajeya, J. (2014). Age and emotional intelligence of healthcare leaders: A study. Advances in Management, 7(7)

Bariyyah, K., & Latifah, L. (2019). Kecerdasan Emosi Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jenjang Kelas. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(2), 68

Basaria, D. (2019). Gambaran Kecerdasan Emosi pada Remaja di Pulau Jawa dan Bali. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(1), 83

Chandra, A. P., & Yuliastati, Y. (2021). Gambaran Tingkat Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) pada Anak Remaja Awal Usia 12-16 Tahun di SMP Negeri 7 Kota Bogor Tahun 2021. 1–11.

Deeksha Sharma. (2017). Impact of Age on Emotional Intelligence and Its Components. International Journal of Research and Innovation in Social Science, I(I), 2

Goleman, D. (2015). emotional Intelligence: kecerdsan emosional mengapa EI lebih penting dari pada IQ. Gramedia Pustaka

Utama.Amelia, R. (2018, October). Hubungan Perilaku Perawatan Kaki dengan Terjadinya

Hastutiningtyas, W. R., Maemunah, N., & Lakar, R. N. (2021). Gambaran Karakteristik Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dalam Mengontrol Emosi Di Kota Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 5(1), 38–44.

Endra, E., Cita, Y., & Antari, I. (2019). Perawatan Diri (Self Care) Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe II. Jurnal Kesehatan Madani Medika, 10(2), 85-91.

Illahi, U., S, N., Said, A., & Ardi, Z. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Eemosional Dengan Perilaku Agresif Remaja Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Konseling. Jurnal Riset Tindakan Indonesia

Indrijati, H., & Aprilia, N. (2014). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku tawuran pada remaja laki-laki yang pernah terlibat tawuran di SMK “B” Jakarta. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 3(1), 1–11.

Ishak, N.-A., T. Jdaitawi, M., Saleh Ibrahim, Y., & T. Mustafa, F. (2011). Moderating Effect of Gender and Age on the Relationship between Emotional Intelligence with Social and Academic Adjustment among First Year University Students. International Journal of Psychological Studies, 3(1), 78–89.

Jati, G. W., & Yoenanto, N. H. (2013). Kecerdasan emosional siswa sekolah menengah pertama ditinjau dari faktor demografi. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 2(02)

Mackay, S. J., White, P., Mcnulty, J. P., Lane, S., & Lewis, S. J. (2015). A benchmarking and comparative analysis of emotional intelligence in student and qualified radiographers: An international study. Journal of Medical Radiation Sciences, 62(4).

Purba, Rentawati, Putri Harahap. (2019). Hubungan Fungsi Afektif Keluarga Dengan Kecerdasan Emosional Remaja di SMA Negeri 1 Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhan Batu Tahun 2019 86. 1(2).

Rikesdas. (2013). Riset Kesehatan Dasar.

Tihnike, D. (2018). EMOSIONAL PADA ANAK. 80–92.

Unayah, N., & Sabarisman, M. (2016). Fenomena Kenakalan Remaja Dan Kriminalitas. Sosio Informa, 1(2), 121–140.

Wulandari, D. (2012). Gambaran Kecerdasan Emosional Pada Siswa Smkn 1 Jakarta. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 1(1), 183–190.

Yuniar, D., & Darmawati, I. (2017). Kecerdasan Emosional Remaja. Jurnal Keperawatan Komprehensif, Vol. 3(No. 1), 9–17.

Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2020). Emotional Intelligence Correlation with Self Efficacy in Adolescent. Media Keperawatan Indonesia, 3(3), 137.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id