PERSEPSI SISWA SEKOLAH DASAR TENTANG BENCANA GEMPA BUMI DI ACEH

musfirah musfirah, Rachmalia Rachmalia

Abstract


Siswa merupakan kelompok yang rentan mengalami dampak dari bencana gempa bumi sehingga memerlukan pendidikan Pengurangan Resiko Bencana (PRB). Pendidikan bencana disekolah dapat memberikan persepsi yang baik pada siswa sehingga akan meningkatkan keingintahuan dan partisipasi dalam mempelajari bahaya dari bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa sekolah dasar tentang bencana gempa bumi di Kota Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif melalui pendekatan cross sectional study dilakukan di 8 sekolah dasar yang di rekomendasikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh. Populasi pada penelitian ini adalah 260 siswa  kelas 5. Sampel berjumlah 95 siswa yang didapatkan dengan metode systematic random sampling. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk skala likert yang terdiri dari 15 pernyataan. Metode analisa data menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan persepsi siswa sekolah dasar tentang bencana gempa bumi di Kota Banda Aceh termasuk dalam kategori baik yaitu kemungkinan terjadi bahaya dan konsekuensi dari gempa bumi dalam kategori baik 68 responden (71,6%), peran pendidikan dalam kategori baik 52 responden (54,7%), fatalistik belief terhadap bencana gempa bumi berada dalam kategori 74 responden (77,9%).  Disarankan kepada sekolah untuk dapat memasukkan materi kebencanaan dalam pelajaran sekolah agar dapat meningkatkan persepsi dan partisipasi siswa dalam mempelajari tentang kebencanaan.


Full Text:

PDF

References


Adiyoso , W., & Kanegae, H. (2011). Aktifitas dampak penerapan pendidikan kebencanaan disekolah terhadap kesiapsiagaan siswa mengahadapi bencana tsunami di Aceh, Indonesia . Pusbindiklatren, 57-66.

Agustiana, I. A., Wibawa, I. M., & Tika, I. N. (2013). Pengaruh model pembelajaran mitigasi bencana terhadap pemahaman dan ketahanmalangan siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(2), 97-105.

Airlangga , et al. (2018). Post-serial earthquakes health problems in Lombok, Indonesia: Experience of 'Ksatria Airlangga' floating (profil masalah kesehatan pasca gempa serial lombok, Indonesia: Pengalaman rumah sakit terapung Ksatria Airlangga. Proceeding of Community Development, 2, 368-378.

Baytiyeh, H., & Öcal, A. (2016). High school students perceptions of erthaquake disaster: a comparative study of Lebanon and Turkey. International Journal of Disaster Risk Reduction, 56-63.

BNBP (2017). Data informasi bencana Indonesia. Retrieved from http://bnbp.cloud/dibi/grafik1a.

Garmo, J. (2011). Pengembangan karakter untuk anak: Panduan pendidik. Jakarta: Kesaint Blanc.

Honesti, L., & Djali, N. (2012). Pendidikan kebencanaan di sekolah- sekolah di Indonesia berdasarkan beberapa sudut pandang disiplin ilmu pengetahuan. jurnal Momentum. 12(1), 51-56.

Indriasari, F. N. (2016). Pengaruh pemberian metode simulasi siaga bencana gempa bumi terhadap kesiapsiagaan anak di Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Sudirman, 11(3), 1-7.

Kumara, A., & Susetyo, Y. F. (2008). Hubungan sistem kepercayaan dan strategi menyelesaikan masalah pada korban bencana gempa bumi. Jurnal Psikologi, 35(2), 116-150.

Mukhtaruddin. (2011). Pengaruh Pendidikan agama terhadap perilaku keagamaan peserta didik SMA Swasta di Kota Yogyakarta. Jurnal Analisa, 133-143.

Nadia, F. L., & Satria, B. (2018). Persepsi murid terhadap sekolah siaga bencana. JIM Fkep, 4(1), 1-6.

Novalita, D. A., & Widowati, E. (2018). Kesiapsiagaan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Cilacap dalam menghadapi bencana di Kabupaten Cilacap. Jurnal of Health Education, 75-85.

Nuari, N. A. (2015). Model peningkatan resiliensi anak usia sekolah pasca letusan gunung Kelud Kediri berbasis disaster nursing competency. Post Print Jurnal Sainmed Kopertis VII, 7(2), 41-45.

Oktari, R. S., Shiwaku, K., Munandi, K., Syamsidik, & Shaw, R. (2018). Enhancing community resilience towards disaster: the contributing factors of school-community collaborative network in the tsunami affected area in Aceh. International Journal of Disaster Risk Reduction, 3-12.

Permatasari , A. L., & Rizky. (2019). Pengetahuan mitigasi non struktural bencana gempabumi pada siswa sekolah dasar SD Negeri Srumbung Segoroyoso Pleret Bantul Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional, 167-176.

Prasetyo, Y. B., Hudha , A. M., & Mayangsari, W. T. (2014). Pelaksanaan program usaha kesehatan sekolah dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan pada anak usia sekolah dasar di Lombok. Jurnal Kedokteran Yarsi, 22(2), 102-113.

Priambodo, S. A. (2009). Panduan praktis menghadapi bencana. Yogyakarta: KANISIUS.

Purnamasari, I. (2016). Perbedaan reaksi anak dan remaja pasca bencana. Jurnal PPKM, 49-55.

Rahma, A. (2018). Implementasi program Pengurangan Risiko Bencana (PRB) melalui pendidikan formal. Varia Pendidikan, 30(1), 1-11.

Rusvidianti, F., & Indrojarwo, T. (2015). Desain sekolah darurat pasca bencana untuk sekolah dasar di Indonesia. Jurnal Sains dan Seni ITS, 4(2), 55-28.

Sabir, A., & Phil, M. (2016). Gambaran Umum persepsi masyarakat terhadap bencana di Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, 5(3), 304-326.

Sakurai, A., Bisri, M., Oda, T., Oktari, R., Murayama, Y., Nizammudin, & Affan, M. (2018). Exploring minimum essentials for sustainable school disaster preparedness: a case of elementary schools in Banda Aceh City, Indonesia. International Journal of Disaster, 73-83.

Subagia, I. W., Wiratma, I. L., & Sudita, I. K. (2015). Pelatihan Mitigasi Bencana alam gempa bumi pada siswa sekolah dasar Negeri 1 Pengastulan Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng Bali. Jurnal Pendidikan Indonesia, 588-598.

Suryani , I., Sari, S. A., & Milfayetty, S. (2014). Model quantum teaching dalam meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan bencana gempa bumi di Sekolah Dasar 19 Banda Aceh. Jurnal Biotik, 88-92.

Syarif, H., & Mastura. (2015). Hubungan self efficacy dengan kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 dan 6 Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 6(2), 53-61.

WHO (2011). Disaster risk management for health child healt. Retrieved from Https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://www.who.int/hac/events/drm_fact_sheet_child_health.pdf&ved=2ahUKWiUss3yyprhAhB4XMBHZ3fAYIQFjABegQIAhAhAB&usg=AOvVaw2GJJ_qgT1c6hQ7reMNJXJC


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id