HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PENGGUNAAN JAMBAN PADA KELUARGA DI WILAYAH ACEH BESAR

wildanun wildanun, Arfiza Ridwan

Abstract


Penggunaan jamban merupakan salah satu perilaku yang berpengaruh terhadap kesehatan, penggunaan jamban yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan dapat menimbulkan penyakit yang disebabkan oleh tinja. Depkes Kesehatan RI menetapkan target keluarga yang memiliki jamban dirumah sebanyak (80%), tetapi pada kenyataannya hanya (71,9%) keluarga yang mempunyai jamban layak pakai, dimana masih banyak keluarga yang belum mempunyai jamban dirumah, hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan keluarga terkait penggunaan jamban, sehingga penting untuk meningkatkan pengetahuan keluarga dalam penggunaan jamban. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan penggunaan jamban pada keluarga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif dan desain cross sectional study dan pengambilan sampel menggunakan metode total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 keluarga. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan self report. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan pengetahuan dengan penggunaan jamban (p-value = 0,000) pada keluarga di wilayah Aceh Besar. Direkomendasikan untuk tim pelayanan kesehatan dapat memberikan pengetahuan untuk meningkatkan pengetahuan keluarga  dalam penggunaan jamban.


Full Text:

PDF

References


Darsana, N., Mahayana, M. B., & Patra, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepemilikan Jamban Keluarga Di Desa Jehem Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli Tahun 2012. Jurnal Kesehatan Lingkungan , 4 (2), 124-133.

Depkes RI. 2008. Profil Kesehatan Indonesia 2007. Jakarta: Depkes RI

Jakarta.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Reading, MA: Addison-Wesley.

Fraenkel, J., & Wellen, N. (2008). How Design And Evaluate Research In Education. New York: Mcgraw-Hill..

Kepmenkes RI. 2017. Pedoman Monitoring Dan Evaluasi Pelaksanaan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK). Jakarta.

Kepmenkes RI. Kepmenkes RI Nomor 825 Tentang Strategi Nasional

Sanitasi Total Berbasis Lingkungan. Jakarta : Menteri Kesehatan RI ; 2008.

Maryunani, S. (2013). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Trans Info Media.

Masjuniarty. (2010). Perilaku Masyarakat Tentang Pemanfaatan Jamban Keluarga di Wilayah Kerja Puskesmas Cangadi Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Makassar

Pane, E. (2009). Pengaruh Perilaku Keluarga Terhadap Penggunaan Jamban. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional , 3 (5), 229-234.

Proverawati, A., & Rahmawati, E. (2012). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Yogyakarta: Nuha Medika.

Riyanto, A. (2013). Statistika Deskriptif Untuk Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Suparmin, S. (2009). Pembangunan Tinja Dan Limbah Air. Jakarta: EGC.

Sutedjo. (N.D.). Analisa Perilaku Masyarakat Dalam Penggunaan Jamban Keluarga Pada Dua Desa Di Kabupaten Rembang. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Swarjana, K. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan (Edisi II). Yogyakarta: ANDI.

Tam, & Tummala. (2001). An Application Of The AHP In Vendor Selection Of A Telecommunication System. Omega-The International Journal Of Management Science.

WaterAid (2017). Out of Order: The State of the World´s Toilets, 2017. WaterAid, www.wateraid.org

WHO/UNICEF . 2010. Progress on Sanitation and Drinking-water. 2010 Update. Geneva: WHO 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id