KEBIASAAN TIDUR PADA ANAK YANG DI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT

Siti Khairrun Nisa, Imelda Imelda

Abstract


Istirahat dan tidur yang adekuat merupakan hal yang penting dalam pertumbuhan anak dan kesembuhan dari sakit. Anak yang tidak terbiasa dengan kondisi rumah sakit akan banyak mengalami kesulitan dalam penyembuhan. Lingkungan rumah sakit dapat menyebabkan stress dan kecemasan sehingga mempengaruhi kebutuhan tidur dan memperlambat penyembuhan penyakit, sedangkan anak yang sedang sakit membutuhkan istirahat dan tidur yang cukup. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kebiasaan tidur pada anak yang di rawat inap. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain deskriptif dan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian berjumlah 63 orang. Teknik pengambilan sampel convenience sampling, berjumlah 63 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner CSHQ dalam bentuk skala likert three-point yang berjumlah 33 pertanyaan. Metode analisis data menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan tidur pada anak yang di rawat inap di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh berada pada kategori gangguan yaitu 56 orang (88,9%) anak dengan kebiasaan tidur yang mengalami gangguan selama di rawat di rumah sakit. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan kepada perawat, dokter, dan petugas medis lainnya agar lebih memperhatikan kebutuhan tidur anak dan kepada pelayanan kesehatan diharapkan selalu menciptakan kondisi lingkungan yang nyaman bagi anak selama di rumah sakit.


Full Text:

PDF

References


Carpenito, L. J. (2001). Buku Saku Diagnosa Keperawatan. Terjemahan oleh Monica Ester. Jakarta : EGC.

Febriana, D & Wahyuningsih, A. (2011). Kajian Stress Hospitalisasi terhadap Pemenuhan Pola Tidur Anak Usia Prasekolah di Ruang Anak RS Baptis Kediri. Journal STIKES RS. BAPTIS KEDIRI vol 4, No. 2, Desember 2011 66-72.

Guyton, A.C. & Hall, J.E. (2009). Aktivitas Otak-Tidur. Dalam Buku Ajar Fisiologi kedokteran ed.9. Jakarta : EGC.

Muscari, M. E. (2005). Panduan Belajar : Keperawatan Pediatrik. Jakarta : EGC.

Potter, P. A & Perry, A. G. (2010). Buku Ajar Fundamental Keperawatan; Konsep, Proses dan Praktik Edisi 7. Jakarta: EGC.

Prasadja, A. (2009). Ayo Bangun dengan Bugar karena Tidur yang Benar. Jakarta : Penerbit Hikmah.

Sukoati. (2012). Coloring Activities on Children Increase Adaptive Coping Mechanism when Dealing with Hospitalization. http://journals.tums.ac.ir.

Supartini, Y. (2004). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.

Wahab, dkk. (2006). Buku Ajar Pediatri Rudolph. (A. P. Bani, ed.) (20th ed). Jakarta: EGC.

Warda, M. (2012). Gambaran Pemenuhan Kebutuhan Tidur Anak Terpasang Infus di Ruang Perawatan Anak RSUD Batara Guru Belopa. Jurnal. Staff Pengajar Akper Sawerigading Pemda Luwu.

Whaley, & Wong. (2002). Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik. Jakarta : EGC.

Wong, D. L, dkk. (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Volume 1. Jakarta: EGC.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id