Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

1. Panduan Umum Naskah

Format naskah dikirim dalam bentuk MS Word (.docx) atau versi Word lainnya. Naskah yang telah dikirimkan dan telah diterima untuk publikasi atau bahkan yang sudah diterbitkan di tempat lain, tidak dapat diterima dan tidak akan dipublikasikan di Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA). Naskah dapat ditulis dalam bahasa Inggris dan/atau bahasa Indonesia, dengan abstrak dalam bahasa Inggris. Naskah yang dikirim ke JIMEKA akan diperiksa dengan menggunakan Turnitin untuk mendeteksi plagiarisme dan autoplagiarisme. Maksimal turnitin yang diterima adalah 30% dengan 1 sumber tidak melebihi 10%.

Untuk memfasilitasi proses peer-review double-blind, Harap pastikan bahwa tidak ada informasi tentang penulis dan afiliasinya yang muncul di mana pun dalam file dokumen utama. Penulis harus mengirimkan naskahnya secara online melalui situs JIMEKA. Dalam 2 minggu, naskah akan diproses dan penulis akan diinformasikan hasil reviewnya. Jika penulis menemui kendala saat mengirimkan manuskripnya, silahkan hubungi tim redaksi (jimeka@feb.unsyiah.ac.id).

Untuk informasi lebih lanjut tentang pengiriman online, silakan klik panduan online submissions JIMEKA.

2. Jenis penelitian

JIMEKA menerima jenis studi / makalah berikut:

  • Penelitian empiris: penelitian yang meneliti kembali pekerjaan empiris yang telah ada menggunakan kerangka teoritis atau empiris alternatif, atau kumpulan data yang berbeda. Studi ini sering melibatkan desain eksperimental dan teknik multivariat untuk menguji hubungan antar variabel.
  • Tinjauan pustaka: penelitian yang meninjau dan mensintesis state of art dari topik tertentu. Makalah yang ditinjau harus dipilih berdasarkan metode sistematis tertentu.
  • Penelitian teoretis: penelitian yang menguji atau mengeksplorasi masalah teoretis dan memberikan wawasan tambahan tentang masalah tersebut
  • Studi kasus: penelitian yang menyelidiki suatu fenomena dalam konteks kehidupan nyata berdasarkan penyelidikan yang mendalam untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang objek penelitian.

JIMEKA juga menyambut baik naskah-naskah yang telah dipresentasikan dalam konferensi yang telah direvisi secara substansial berdasarkan komentar tinjauan konferensi. Harap berikaninformasi tentang konferensi di catatan kaki manuskrip halaman pertama.

3. Gaya dan Bentuk Penulisan

Naskah diketik dengan spasi 1.15, dengan margin satu inci di semua sisi. Panjang kertas berkisar antara 15 dan 25 halaman, termasuk teks, tabel, gambar, referensi, dan lampiran. Naskah diketik dengan menggunakan font Times New Roman 12 pt. Judul tidak boleh melebihi 15 kata. Margin kanan harus memiliki perataan yang rata (justified). setiap rumus dan persamaan harus diberi nomor. Catatan kaki tidak boleh digunakan untuk tujuan referensi dan harus dihindari jika memungkinkan. Sajikan tabel dan gambar di dalam naskah, bukan di akhir naskah. Perlu diketahui bahwa naskah akan diterbitkan dalam warna hitam putih (cetak), meskipun versi online akan memuat gambar berwarna-warni (jika ada). Namun, cetakan berwarna akan tersedia dalam kasus memenuhi sesuai permintaan penulis.

4. Garis Besar Naskah

Naskah yang dikirimkan biasanya terdiri dari bagian-bagian berikut dan harus mengikuti sistem Pendahuluan, Metode, Hasil dan Diskusi:

  • abstrak (antara 150 dan 250 kata) dan 3- 5 kata kunci
  • bagian latar belakang (atau Pendahuluan yang menggambarkan keadaan seni, kebaruan, tujuan studi dan garis besar makalah)
  • bagian tinjauan literatur dan pengembangan hipotesis (atau Landasan Teori dan Pengembangan Hipotesis)
  • bagian metode penelitian (atau Metode Penelitian)
  • bagian hasil dan diskusi (atau Hasil dan Pembahasan)
  • bagian kesimpulan (atau Kesimpulan, Implikasi, Keterbatasan dan Saran)
  • Penulis dapat menggunakan bagian pengakuan (acknowledgment) di halaman judul makalah (jika ada).

5. Referensi

Sistem referensi APA harus diikuti. Semua referensi dan / atau catatan konten harus ditempatkan di akhir teks. Silakan kunjungi www.apastyle.org untuk mempelajari lebih lanjut tentang gaya APA. Referensi harus disusun terlebih dahulu sesuai abjad dan kemudian disortir secara kronologis jika perlu. Harap pastikan bahwa setiap referensi yang dikutip dalam teks juga ada dalam daftar referensi (dan sebaliknya). Hindari kutipan dalam abstrak. Hasil yang tidak dipublikasikan dan komunikasi pribadi tidak boleh terdapat dalam daftar referensi, tetapi mungkin disebutkan dalam teks. Kutipan referensi sebagai 'in press' menyiratkan bahwa item tersebut telah diterima untuk publikasi. Berikut adalah beberapa contoh formulir referensi:

Referensi dari Publikasi di Jurnal:
Radford, M. (2001). Aesthetic and religious awareness among pupils: Similarities and differences. British Journal of Music Education, 18(2), 151-159. doi:10.1017/s0265051701000249

Russell-Bowie, D. (2010). Cross-national comparisons of background and confidence in visual arts and music education of pre-service primary teachers. Australian Journal of Teacher Education, 35(4), 65-78. Retrieved from http://ajte.education.ecu.edu.au

Referensi dari Buku:
Strunk, W., Jr., & White, E. B. (1979). The elements of style. (3rd ed.). New York: Macmillan, (Chapter 4).

Referensi dari bab dari buku:
Mettam, G. R., & Adams, L. B. (1994). How to prepare an electronic version of your article. In B. S. Jones, & R. Z. Smith (Eds.), Introduction to the electronic age (pp. 281-304). New York: E-Publishing Inc.

Referensi dari sumber Website:
Smith, Joe, (1999), One of Volvo's core values. [Online] Available: http://www.volvo.com/environment/index.htm (July 7, 1999)

6. Biaya Pemrosesan Artikel

Penulis yang akan mempublikasikan artikelnya pada JIMEKA akan dikenakan biaya sebagai berikut:

  • Biaya pendaftaran artikel Rp0,- ($0.-)
  • Biaya Pengolahan untuk penerbitan artikel yang telah diterima dan siap dipublikasikan Rp300.000,- ($20.- kurs 2 Januari 2023)

Biaya tersebut dapat di transfer ke rekening berikut:
Bank Syariah Indonesia (BSI)
a.n. JIMEKA
104 566 7113

bukti transfer dapat dikirimkan ke email: (jimeka@feb.unsyiah.ac.id).

7. Transfer Hak Cipta

Penulis juga wajib mengirimkan dokumen yang terkait dengan Formulir Perjanjian Pengalihan Hak Cipta (CTA) yang telah ditandatangani (scan copy dari isian, formulir asli) bersama dengan manuskrip yang akan dikirimkan secara online (dalam bentuk file tambahan). File formulir Perjanjian Transfer Hak Cipta (CTA) dapat diunduh di website.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in Microsoft Word document file format. The paper should have follow the article template.
  3. A manuscript should be typed at 1.15 line spacing, with a margin of one inch on all sides. The length of paper should be between 15 and 25 pages, inclusive of text, tables, figures, references, and appendices. The manuscript should be typed with Times New Roman 12 pt. font. The title should not exceed 15 words.
  4. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  5. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak kepada jurnal untuk mempublikasikan pertama sekali karya penulis yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (Creative Commons Attribution License ) yang memungkinkan orang lain untuk mengutip dan menyebar luaskan karya penulis dengan tetap memberikan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi kepada penulis awal dalam jurnal ini.
  2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang terdata di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini saja dan tidak akan diberikan untuk tujuan lain atau kepada pihak lain.