TEKNIK PERMAINAN ALAT MUSIK PERAJAH DI KABUPATEN ACEH TENGAH

Ghufran . andika

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan di Desa Belang Mersah Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah. Subjek dalam penelitian ini adalah Sagara Mahardika selaku putra dari alm.AR.Moese dan Iswandi selaku murid dari alm.AR.Moese yang mengerti dalam teknik permainan alat musik perajah dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah alat musik perajah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui dokumentasi, observasi dan wawancara. Alat musik perajah ada dua jenis, yaitu perajah alto dan perajah sopran. Dari kedua jenis alat musik perajah tersebut, memiliki kesamaan dalam teknik dalam memainkannya, yaitu dengan teknik permainan klasik dengan cara dipetik. Dalam teknik permainan klasik memiliki bagian-bagian terpenting, diantaranya: posisi jari kanan pada perajah alto, posisi jari kanan pada perajah sopran, posisi jari kiri pada perajah alto, posisi jari kiri pada perajah sopran, posisi lengan saat memainkan perajah, posisi badan, posisi duduk pada perajah alto, posisi duduk pada perajah sopran, petikan pada dawai perajah, akord dasar C mayor pada perajah, tangga nada mayor dan minor.


References


DAFTAR PUSTAKA

Albayan, Amris. 2013. Proses Pembuatan Alat Musik Perajah Tugas Akhir Skripsi S1. Banda Aceh : Jurusan Seni Drama Tari dan Musik. Fakultas FKIP. Universitas Syiah Kuala.

Ara, L.K. 2009.Ensiklopedi Aceh. Aceh.

Banoe, Pono. 2003. Kamus musik. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.

Jamalus. 2008. Pembelajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta : Dirjen Dikti.

Munif, Achmad. 2001. A.R Moese Seniman Musik yang bersahaja, Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

Setyaningsih, Ika. (2007). Notasi dan Teknik Permainan Musik Kacapai pada Kesenian Tradisional Jaipong Dodo Gedor Grup di Kelurahan Soklat Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat Tugas Akhir Skripsi S1.Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Seni Musik. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta.

Simanungkalit. 2008. Tehnik Vokal Paduan Suara, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama.

Yusradi, Usman. 2008. A.R Moese. Perjalanan Sang Maestro. Research Center For Gayo (RCFG).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.