PEMBELAJARAN ALAT MUSIK GORDANG SAMBILAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MATERI MUSIK TRADISIONAL NUSANTARA DI MTsN RUKOH

harvan . juliawan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Alat Musik Gordang Sambilan Dengan Menggunakan Model Teams Games Tournament Pada Materi Musik Tradisional Nusantara Di Mtsn Rukoh” mengangkat masalah bagaimana proses pembelajaran dan hasil belajar yang menggunakan model TGT dengan yang tidak menggunakan model TGT. Penelitian ini bertujuan untuk proses dan hasil belajar pada kelas kontrol dan kelas eksperiment. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bidang studi seni budaya dan siswa di Mtsn Rukoh. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian adalah


Full Text:

PDF

References


E. DAFTAR PUSTAKA

Ali, Mudlofir. 2013. Pendidikan Profesional Konsep Strategi Dan Aplikasi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jakarta. Rajawali Pers

Arikunto.S, 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rieka Cipta.

Aziz, Hamka Abdul. 2012. Karakter Guru Profesional. Jakarta Selatan: Al-Mawardi Prima

Hamalik, Oemar (2000). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara.

Hartini, sri, dkk. 2012. Fungsi dan Peran Gondrang Sambilan pada Masyarakat Mandailing. Banda Aceh: BPNB

Hasbullah. 2012. Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta. Rajawali Pers

Jalaluddin. 2013. Filsafat pendidikan manusia, filsafat, dan pendidikan. Jakarta. Rajawali Pers

Prier, Karl-Edmund. 2009. Kamus Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi

Rusman. 2013. Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta Rajawli Pers

Sukardi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta: Balai Pustaka

Soejono. 2005. Metode Penelitian Diskripsi: Jakarta

Setyobudi, dkk. 2007. Seni Budaya Untuk Smp Kelas VII. Jakarta. Erlangga

Suyono, dkk. 2012. Belajar Dan Pembelajaran, Teori Dan KonsepDasar. Bandung. PT RemajaRosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana

Sanjaya, Wina.2012. Media KomunikasiPembelajaran. Jakarta: Kencana Group

Sadiman, Arif. 2011. Media pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatanya. Jakarta. Rajawali Pers

Tim FKIP. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: Univarsitas Syiah Kuala

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP). Jakarta. Prenada Media Group

Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-PrinsipDesainPembelajaran. Jakarta. KencanaPrenada Group.

Tim Abdi Guru. 2006. Seni Budaya. Jakarta : Erlangga

Waruwu, Y.F. 1994, Seni Musik, Medan, Erlangga.

Yayat, N. 2006. Seni Budaya Untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.