IBRAHIM KADIR : BIOGRAFI SEORANG SENIMAN GAYO, 1940-2016

Elvi Yunita Sari, Mawardi ,, Anwar Yoesoef

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “Ibrahim kadir: Biografi Seorang Seniman Gayo, 1940-2016” ini mengangkat masalah tentang bagaimana peran Ibraim Kadir dalam memberikan kontribusi serta ikut memajukan kesenian Gayo yang patut diberi penghargaan, namun belum ada tulisan biografi yang lengkap mengenai dia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang kehidupan, peran dalam bidang kesenian dan kesan masyarakat terhadap Ibrahim kadir. Metode yang digunakan adalah metode sejarah dengan pendekatan kualitatif, sedangkan pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: Ibrahim Kadir adalah seorang Seniman yang multitalenta, dengan yang kehidupan keluarganya tidak jauh dari dunia seni, Ibrahim Kadir mendapatkan ilmu seninya dari kakak, Ayah, seniman-seniman Gayo dan pendidikan di IKJ (Institut Kesenian Jakarta). Dia berperan penting dalam kesenian didong, tari dan juga peran. Ibrahim Kadir banyak mendapatkan penghargaan dari seni tari dan juga peran. Ibrahim Kadir pernah menciptakan beberapa tari massal dalam acara MTQ, dan juga PORSENI, Ibrahim kadir pernah bermain film dalam film Cut Nyak Dhien dan Puisi Tak Terkuburkan. Ia pernah bekerja menjadi guru SD, SMP, SMA dan pernah bekerja di Dinas Kebudayaan. Oleh karenanya di mata masyarakat Ibrahim Kadir tampil sebagai orang yang lembut, murah hati, berjiwa halus, tekun dan penyabar.

 Kata Kunci : Ibrahim Kadir, Biografi, Seniman, Gayo.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afrianda Mizaska. 2016. Sastrawan Nasional dari Tanah Gayo: Biografi L.K Ara (1937-2015). (skripsi) Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Ara L.K.2009. Antologi Syair Gayo. Banda Aceh: Yayasan PeNA Banda Aceh Divisi Penerbitan.

Arman. 2012. Biografi Arsamid Al Ashur: Pikiran dan Tindakannya. (skripsi). Kendari: Program Sarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Haluoleo.

Aziz, M. Yusuf. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Darussalam: FKIP Unsyiah.

Djuned Teuku dkk. 2008. Buletin Haba Biografi Tokoh. Banda Aceh: Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Banda Aceh.

Erwenta Jona. 2016. Peran AR Moese dalam Perkembangan Kesenian di Kabupaten Aceh Tengah. (skripsi) Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Koentjaraningrat. 1997. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kuntowijoyo. 2001. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogjakarta: Bentang.

Kuntowijoyo. 2003. Metodelogi Sejarah (edisi kedua). Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogja.

Kurniawan Agung dkk. 2006. Potret Jejak Langkah Seniman Gayo. Yogyakarta: Pusat Studi Kebijakan Daerah (PSKD).

Maleong, Lexy (2007).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Melalatoa M Junus. 2001. Didong Pentas Kreativitas Gayo. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sugiyono, 2012. Metode Peneltitian Kualitatif. Bandung: Alfabet.

Suyono, Dendi. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia pusat bahasa edisi keempat. Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama.

Yusrijal. 2015. Abdullah Syeh Kilang:Biografi Seorang Seniman dari Tanah Gayo (1929-1990). (skripsi) Banda Aceh: Universitas Syah Kuala.

Sumber lain :

http://www.biografiku.com/2009/12/pengertian-biografi-serta-cara-menulis.html (diakses pada tanggal 2 Desember 2015)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.