PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 1 SEULIMEUM

Zuriati -, Zainal Abidin, Nuasiah -

Abstract


ABSTRACT

 

Learning that is not fun to make students not learning spirit, gathering card type learning model is one model of learning that can improve student achievement. The problem in this research are 1) how to influence the implementation of cooperative learning model arisan card against history lesson learning achievement of class student of  XI SMAN 1 Seulimeum. 2) whether the constraints faced by teachers in the implementation of cooperative learning model social gathering cards in class XI SMAN 1 Seulimeum. Of intarest in this study were 1) to determine the effect of the application of cooperative learning model arisan card against history lesson learning achievement of class XI student of SMAN 1 Selimeum. 2) to determine the constraints faced by teachers in the implementation of cooperative learning model social gathering cards in class XI SMAN 1Seulimeum.Population in this study were all students of class XI SMAN 1 Seulimeum with the overall number of students186 students. Sampling in this study were students of class XI as iS 1 class control and XI iS 3 as the experimental class. Techniques of data collection is done by testing and documentation. Hypotheses were tested using t- test formula. Based on the processing results obtained t count = 0,872 and t table = 2,089. So, t = 0,872 then Ho is rejected and accepted. It can be concluded that with the implementation of the card-type learning model can improve learning achievement gathering subjects history class XI studends of SMAN 1 Seulimeum, and also there are no constraints bearti during learning model application card type gathering in class XI student of SMAN 1 Seulimeum.

 

Keywords:influence,cooperative learning,gathering cards.

 

 

ABSTRAK              

Pembelajaran yang tidak menyenangkan membuat siswa tidak semangat belajar, model pembelajaran tipe kartu arisan merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan terhadap prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas XI SMAN 1 Seulimuem. 2) apakah kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan di kelas XI SMAN 1 Seulimuem. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan terhadap prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas XI SMAN 1 Seulimuem. 2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan di kelas XI SMAN 1 Seulimuem.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Seulimuem dengan jumlah siswa keseluruhan 186 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI iS 1 sebagai kelas control dan XI iS 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Hipotesis diuji menggunakan rumus Uji-t. Berdasarkan hasil pengolahan diperoleh thitung = 0,872 dan ttabel = 2,089. Jadi, thitung = 0,872> ttabel = 2,089, maka H0 tolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran tipe kartu arisan dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas XI SMAN 1 Seulimum, dan juga tidak terdapat kendala yang berarti selama penerapan model pembelajaran tipe kartu arisan pada siswa kelas XI SMAN 1 Seulimuem.

Kata Kunci: Pengaruh, Pembelajaran Kooperatif, Kartu Arisan.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Bahri, Syaiful. Dkk. (2006).PsikologiPendidikan. Banda Aceh: UniversitasSyiah Kuala

Hamalik, Oemar (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamzah dan Mohamad, Nurdin (2012). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hanafiah, Nanang (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Rafika Aditama

Huda, Miftahul. (2013). Cooperative Learning (Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Noor, Juliansyah (2011). Metodologi Penelitian (Skripsi, tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah). Jakarta: Kencana

Riduwan, 2009. Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta

Rusman (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setyosari, Punaji (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudijono, Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukardi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. (2011). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif (Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.