TREND PEMAKAIAN HIJAB IBU-IBU DI PUSAT PERBELANJAAN KOTA BANDA ACEH

Luzi Lustia, Fikriah Noer, Rosmala dewi

Abstract


Hijab adalah selembar kain yang menutupi aurat rambut wanita dari pandangan yang bukan mukhrimnya, dan pemakaian hijab merupakan salah satu ketentuan yang berlaku dalam hukum Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui model hijab yang digunakan oleh ibu-ibu  di pusat perbelanjaan Kota Banda Aceh; 2)Mengetahui bahan hijab yang disukai ibu-ibu pada kesempatan berbelanja, dan 3)Faktor-faktor yang mempengaruhi ibu-ibu dalam pemakaian hijab. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria ibu-ibu usia produktif 25-45 tahun yang menggunakan berbagai model hijab saat berbelanja dan bersedia untuk diwawancarai. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemakaian hijab telah mengalami perubahan dan pergeseran kriteria hijab syar’i. Model hijab yang dipakai tidak menutupi bagian dada dengan sempurna, pada dasarnya responden mengetahui bahwa model hijab yang dipakai bukanlah kriteria hijab yang syar’i, namun responden menyukai model hijab yang tidak syar’i tersebut karena ingin tampil cantik dan menarik. Bahan hijab yang digunakan responden merupakan bahan yang sedang ngetrend saat ini seperti chiffon, katun, ceruty, dan jersey. Pemakaian hijab yang tidak syar’i karena dipengaruhi trend mode yang sedang berkembang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa responden mengetahui hijab syar’i namun mengabaikannya. Sebaiknya dalam mengikuti trend mode yang sedang popular, tetap menyesuaikan dengan norma agama, lingkungan, dan memperhatikan etika dan estetika yang sesuai dengan kaidah Islam. Sebagai wanita muslim tetap harus bijaksana untuk memilah-milah dalam menentukan sesuatu, dalam hal ini tentang berhijab yang sedang popular saat ini.

 

Kata Kunci:  Trend, Pemakaian Hijab, ibu-ibu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.