PERUBAHAN HIASAN KEPALA PENGANTIN GAYO DI KABUPATEN ACEH TENGAH

Ernita Putri Linge, Mukhirah ., Fadhilah .

Abstract


Hiasan kepala pengantin wanita Gayo adalah hiasan kepala pengantin wanita yang digunakan oleh seorang pengantin wanita dari Suku Gayo pada saat melangsungkan resepsi penikahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hiasan kepala tradisional asli pada pengantin suku Gayo di Kabupaten Aceh Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang berlokasi di beberapa tempat di Kabupaten Aceh Tengah. Subjek penelitian ini berjumlah enam orang, yang terdiri dari tiga orang penata rias, dua orang pengantin wanita di Kabupaten Aceh Tengah, dan satu orang pengkaji adat Gayo di Aceh Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hiasan kepala tradisional asli pada pengantin wanita Gayo di Kabupaten Aceh Tengah adalah  sempol gampang, sempelah ilang, tekan kune, lelayang, dan sonteng. Hiasan kepala tradisional modifikasi pengantin wanita Gayo di Kabupaten Aceh Tengah adalah sempol gampang, sempelah ilang, tekan kune, lelayang, dan sonteng namun banyak dilakukan perubahan pada warna dan bentuk serta diberi penambahan berupa rajut melati,bungong got-got (kembang goyang), rangkaian bungan melati, tusuk sanggul daun lebar, hiasan kepala bunga bersusun, hiasan kepala gantung, tusuk sanggul gantung bunga kenanga. Penyebab terjadinya perubahan hiasan kepala pada pengantin wanita Gayo di Kabupaten Aceh Tengah karena kurangnya sosialisasi  tentang hiasan kepala asli pengantin Gayo Aceh Tengah, perkembangan zaman yang semakin maju, munculnya banyak penata rias baru yang kurang memahami tentang makna pada setiap hiasan kepala Pengantin wanita Gayo Aceh Tengah, banyaknya pengantin wanita yang sudah menggunakan jilbab.

Kata Kunci: Hiasan Kepala, pengantin Gayo


Full Text:

PDF

References


Aprilia Mentari; Mukhirah dan Fitriana. 2018. Perubahan Hiasan Rambut pengantin wanita Aceh Besar.Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa PKK diakses pada 15 Juli 2020 https//www.jim.unyiah.ac.id/pkk/article/view/9709.

Masniar; Mukhirah dan Rosmala Dewi. 2017. Modifikasi Pakaian Adat Perkawinan Kabupaten Aceh Tenggara.Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa PKK diakses pada 15 Juli 2020 https//www.jim.unyiah.ac.id/pkk/article/view/5628.

Nazir. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Satori,Djam’an; Aan Komariah. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV.ALFABETA.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV.ALFABETA.

Soemitro, Ronny Hanitojo. 1978. Modernisasi Serta Hubungannya Dengan Operasionalisasi Nilai-Nilai. Jurnal Hukum dan Pembangunan, (Online) (https://booksc.xyz/book/, diakses pada 19 Juni 2020).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.