PENGGUNAAN CADAR DI KALANGAN MAHASISWI UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Nirna ., Mukhirah ., Novita .

Abstract


Cadar adalah sebutan untuk kain yang digunakan oleh perempuan untuk menutupi wajahnya, biasanya yang nampak hanya bagian matanya saja. Penggunaan cadar ditujukan untuk menutupi aurat secara lebih sempurna. Namun sebagian orang keliru dalam penggunaanya. Penggunaan cadar sudah banyak dijumpai dikalangan masyarakat, termasuk di kalangan mahasiswi Universitas Syiah Kuala. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui alasan/motivasi serta faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswi menggunakan cadar, dan mengetahui model serta kepraktisan pemakaian cadar yang digunakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik kepustakaan, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan acidental sampling dengan memilih enam orang responden, satu diantaranya adalah mahasiswi FMIPA, dan lima lainnya berasal dari FKIP. Tempat penelitian ini dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada tanggal 27 maret sampai 4 Mei 2020, dan di Fakultas MIPA pada tanggal 17 dan 18 Mei 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kepustakaan, observasi, wawancara, dan  dokumentasi, yang ini dianalisis dengan metode deskriptif  kualitatif meliputi reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswi termotivasi menggunakan cadar karena dipengaruhi oleh keinginan internal, pengaruh lingkungan tempat tinggal, dan pengaruh teman. Adapun faktor yang melatarbelakangi mahasiswi menggunakan cadar selain karena ingin berhijrah juga dipengaruhi oleh rasa penasaran, tokoh idola, dan mengikuti sunnah. Model cadar yang dijual di wilayah Aceh masih sulit ditemukan yang benar-benar nyaman untuk digunakan, dimana bahan cadar umumnya panas sehingga kurang nyaman digunakan.

 

Kata Kunci : Penggunaan Cadar, Kalangan Mahasiswi


Full Text:

PDF

References


Amanda. Mardianto. 2014. Hubungan Antara Prasangka Masyarakat Terhadap Muslimah Bercadar Dengan Jarak Sosial. Jurnal RAP UNP, (Online), No. 1, (http://ejurnal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/download/6642/5201, diakses 26 Januari 2020).

Astiawan Azis, Andri. 2019. Habis Hijrah Terbitlah Berkah. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Idatul Fitri dan Nurul Khasanah. 2013. 110 Kekeliruan dalam Berjilbab. Jakarta Timur : Al-Magfiroh.

Novi Kurnia. Mia Siti Aminah. 2012. Mendesain Baju Sendiri Dari Pola Hingga Jadi. Cipayung : Dunia Kreasi.

Suci Wahyu Fajriani. Yogi Suprayogi Sugandi. 2019. Hijrah Islami Milenial Berdasarkan Paradigma Berorientasi Indentitas. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, (Online), Vol 3. No. 3 (http://jurnal.unpad.ac.id/sosioglobal/article/view/21634, diakses 14 Mei 2020).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.