PENGARUH PERKEMBANGAN MODE BUSANA BAGI REMA PUTRI

Ainul Mardhiah, Fadhilah ., Novita .

Abstract


Mode busana adalah gaya dalam memperlakukan atau membuat sesuatu tentang busana agar dapat diterima dan diikuti oleh masyarakat luas pada tempat tertentu. Mengangkat tentang faktor-faktor yang mempengaruhi mode busana di kalangan remaja putri. Dampak yanga ditimbulkan pada remaja putri dengan adanya perkembangan mode busana. Perkembangan mode busana tanpa disadari akan mempengaruhi gaya berbusana dikalangan remaja putri, terbukti dengan banyaknya remaja putri saat ini lebih menggunakan busana dengan jenis skinny jeans, blouse, semi sweater, denim, varsity jacket, sneaker serta hijab ala street perkembangan mode Oleh karena itu peneliti ingin mengkaji lebih mendalam melalui suatu penelitian tentang “pengaruh perkembangan mode busana bagi remaja putri”. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan mode busana di kalangan remaja putri. mengetahui dampak yang ditimbulkan pada remaja putri dengan adanya perkembangan mode busana. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triaguliasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi dalam berbusana yaitu keinginan pribadi karena merasa nyaman dengan busana yang digunakan, lingkungan disekitar, pergaulan dengan teaman-teman yang menyebabkan memakai busana tersebut. Dampak yang ditimbulkan yaitu ada yang positif dan ada yang negatif yang dimaksud dengan positif adalah remaja putri banyak yang mengikuti perkembangan mode busana sedangkan yang negatif remaja putri dengan mengikuti perkembangan mode busana remaja putri tidak mengunakan busana sesuai dengan Syariat Islam. Disimpulkan bahwa remaja putri lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana daripada  etika berbusana dan mengakibatkan tingkat kesopanan dalam bebusana  menjadi kurang diperhatiakn, sekalipun remaja putri menyadari bawah busana yang digunakan tidak memenuhi Syariat Islam.

 

Kata Kunci: Perkembangan, Mode Busana, Remaja Putri


Full Text:

PDF

References


Asih, Citra Tresna. 2016. Efek tayangan hiburan televisi terhadap gaya hidup remaja. Bogor institut Pertanian Bogor (repository.ipb.ac.id/jspui/bitstream/1234567/81924/1/16ctr.pdf.Diakses 20 juli 2017)

ErnawatidanWeniNelmira.(2008).PengetahuanTataBusana.Padang:UNP Press.

Ernawati, dkk. 2008. Tata busana jilid 1. Semarang: Aneka ilmu.

Harlock, E, B, (1992), Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentanga Kehidupan(Terjemahan: Istiwijayati Dan Soedjarwo). Jakarta: Erlangga

Mulyani. 2016. Pengaruh Media Massa Terhadap Etika Berbusana Pada Remaja Putri Di Desa Mranggen Kabupaten Demak. Semarang: Universutas Negeri Semarang (https:lib.innes.ac.id/28201/15401411022.pdf)

Nasution. (1992). Metode Penelitian Natarulistik Kualitatif. Bandung: TARSITO

Poespo, Sanny. (2001). Pola busana wanita. Yogyakarta: KANISIUS

Santrock (2003) John W. Adolescence. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga

Troxell dan stone. 1981. Fashion Marchandising. New York: Mc Graw-Hill.

Yuli Mauliana, Anizar Ahmad, Fitriana.2019. Pengaruh Media Telekomunikasi Terhadap Gaya Berbusana Remaja Putri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Vol 4, No. 2 Diakses 20 Juni 2020.Http://Jim.Unsyiah.Ac.Id/Pkk/Article.View/11957


Refbacks

  • There are currently no refbacks.