PENGARUH PENAMBAHAN PACIK KULE NILA (Oreochormis niloticus) TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK PADA PEMBUATAN STICK

Sukma Asiah, Indani ., Nurul Faudiah

Abstract


Pacik Kule nila merupakan salah satu masakan tradisional khas Aceh Tenggara yang terbuat dari ikan nila yang sudah pacik (kurang segar), kemudian dimasak bersama bumbu yang dihaluskan. Stick  merupakan penganan ringan yang berbentuk pipih dengan rasa renyah, gurih dan tidak terlalu mengenyangkan. Stick terbuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan ditambahkan dengan berbagai bumbu cita rasa yang gurih. Tujuan penelitian  memproleh standarisasi resep, mengetahui karakteristik organoleptik dan daya terima konsumen terhadap stick dengan penambahan pacik kule nila. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Tempat dan waktu penelitian dilakukan di Laboratorium Tata Boga Prodi PKK FKIP Unsyiah. Data uji pengamatan dianalisis dengan menentukan nilai rata-rata (mean). Data uji penerimaan menggunakan analisis of variance (anova) satu jalur dari konsumen. Kemudian dianalisis dengan menggunakan LSD pada taraf 0,05. Hasil penelitian yang diterima dari uji pengamatan narasumber yaitu perlakuan ketiga (SA3) dengan penambahan 50% pacik kule nila dengan nilai rata-rata 23.8 dari skla 1-25. Hasil penelitian yang diterima dari uji penerimaan konsumen yaitu perlakuan ketiga (SA3) dengan nilai rata-rata 4.45 dari skala 1-5. Kesimpulan penelitian yaitu resep standar stick yang dipilih narasumber dan konsumen dengan penambahan pacik kule nila adalah pada perlakuan ketiga (SA3) sebanyak (50%) Karena pengaruh warna kuning yang dihasilkan dari masakan pacik kule nila, aroma khas pacik kule nila, tekstur rapuh, dan memiliki rasa gurih. Saran penelitian ini adalah diharapkan kepada masyarakat dapat terus mengembangkan masakan-masakan daerah khususnya Aceh Tenggara agar tetap dikenal oleh masyarakat, diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat menguji kandungan gizi baik yang terkandung dalam masakan pacik kule maupun stick pacik kule nila.

 

Kata Kunci: Karakteristik Organoleptik, Stick, Pacik Kule Nila

 


Full Text:

PDF

References


Didik Hardiana. 2016. “Meningkatkan Konsumsi Ikan”, (Online), (https://Gagasanhukum.wordpress.com., diakses pada 20 Oktober 2019).

Fajri E. dan Ratu A. 2018. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Difa Publisher.

Imam Taufik. 2010. Kamus Praktek Bahasa Indonesia. Jakarta. Kunci Aksara.

Makarina. 2014. “resep kuliner aceh (alas)”, (Online), (http://makarina. Slideshare.net., diakses pada 29 September 2014).

Mochtar Zulficar M. 2019. Aneka Modus Kegagalan Menindak Kapal Pencuri Ikan. Makassar: TEMPO Publishing.

Qanita Alya. 2018. Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pendidikan Dasar. Jakarta. PT Indah Jaya Adipratama

Tim Pustaka Phoenix. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Winiarti Pudji Rahayu, 2001. Penuntun Praktikum Penilaian Organoleptik. Bogor: Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.