PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP STANDARISASI RESEP PIZZA MINI TOPPING REBUNG BAMBU BETUNG (Dendrocalamus asper)

Putri Nilam Cahaya, Suryati Sufiat, Yuli Heirina Hamid

Abstract


Rebung bambu betung (Dendrocalamus asper) termasuk ke dalam jenis rebung putih yang kaya akan kandungan serat. Salah satu pemanfaatan rebung bambu betung  adalah dapat dijadikan sebagai topping pizza. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh standarisasi resep dan daya terima konsumen melalui uji orgnoleptik terhadap pizza mini topping rebung bambu betung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Rancangan Acak Lengkap (RAL), yaitu satu kali kontrol dan tiga kali perlakuan. Tempat dan waktu penelitian di lakukan di Laboratorium Tata Boga Prodi PKK FKIP Unsyiah. Data uji penerimaan menggunakan analisis of variance (anova) satu jalur, kemudian dianalisis dengan menggunakan LSD pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian yang disukai konsumen terhadap pizza mini topping rebung bambu betung adalah pizza mini topping rebung bambu betung pada perlakuan kedua (PNC1) dengan nilai 4,26 dengan penggunaan rebung bambu betung sebanyak 400 g (60%) karena memiliki warna yang lebih cerah, aroma yang lebih harum, tekstur pizza yang lembut karena berpadu dengan topping rebung  yang cruncy, dan rasa yang gurih atau umami. Hipotesis penelitian diterima (H1) karena terdapat pengaruh pada warna, aroma, tekstur, dan rasa. Kesimpulan bahwa hasil penerimaan panelis konsumen terhadap warna, aroma dan rasa pizza mini topping rebung bambu betung menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan karakteristik organoleptik pada setiap perlakuan. Saran peneliti berikutnya adalah melakukan uji proksimat untuk melihat kandungan gizi pada pizza mini topping rebung bambu betung.

          Kata Kunci: Preferensi Konsumen, Standarisasi Resep, Pizza Mini, Rebung Bambu Betung


Full Text:

PDF

References


Dransfield S dan Widjaja EA. 1995. Bamboos. Plant Resources of South- East Asia No. 7. Bogor, Indonesia.

Handoko, agus. 2003. Budidaya Rebung Bambu. Yogyakarta: Kanisius.

Mattjik, A.A., dan I. M. Sumertajaya. 2006. Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan MINITAB, jilid I. IPB-Press, Bogor.

Poerdamita, W.S. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ruhiyat M. 1998. Perbanyakan Bambu Betung (Dendrocalamus asper (scultes f.) Backer ex Heyne) dengan menggunakan Mata Tunas Buku secara Invitro. Bogor. Program Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor.

Sukardi. 2003. Metode Penelitian Eksperimen. Jakarta Rineka Cipta.

Sun, dkk. 2013. Pengetahuan Bahan Rebung. Surabaya: Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala. (Tidak diterbitkan)

Weber, Louis. 1996. Cooking A to Z. Publication International, Ltd.

Widjaja, E. A. 2001. Identikit Jenis-Jenis Bambu di Jawa. Bogor: Puslitbang Biologi LIPI.

Winiarti Pudji Rahayu. 2001. Penuntun Praktikum Penilaian Organoleptik. Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.