SUBSTITUSI PARSIAL KENTANG DENGAN IKAN BANDENG (Chanos chanos) PADA PEMBUATAN STICK KENTANG IKAN BANDENG (Chanos chanos)

Rahmatillah ., Laili Suhairi, Nurul Faudiah

Abstract


Ikan bandeng dapat hidup di air tawar dan air laut sehingga  memiliki  potensi untuk dikembangkan sebagai bahan baku untuk produk olahan yang lebih bervariasi salah satunya makanan ringan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui standarisasi resep, (2) karakteristik organoleptik, (3) daya terima konsumen (4) mutu simpan terhadap stick kentang ikan bandeng. Menggunakan metode eksperimen dengan desain rancangan acak lengkap (RAL), yaitu 3 kali perlakuan dengan 3 kali pengulangan. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui uji pengamatan (Sensory Evaluation) oleh 6 orang narasumber dan di uji pengamatan (Hedonic Scale) oleh 30 orang panelis konsumen. Data uji pengamatan dianalisis dengan menghitung nilai rata-rata yang diperoleh dari narasumber, sedangkan data uji penerimaan menggunakan analisis varian (anava) satu jalur yang di peroleh dari panelis konsumen. Hasil penelitian uji pengamatan narasumber menyukai stick kentang dengan penambahan ikan bandeng 150 g dengan nilai 23,70 pada perlakuan kedua (R2) ditinjau dari aroma khas ikan bandeng, tekstur yang renyah, dan rasa yang gurih, sedangkan warna narasumber menyukai perlakuan (R0) dan (R1) yaitu warna kuning keemasan. Hasil penelitian uji penerimaan oleh panelis konsumen yang disukai adalah stick kentang dengan penambahan ikan bandeng 150 g dengan nilai 4,12 pada perlakuan (R2) ditinjau dari warna kuning keemasan, aroma khas ikan bandeng, dan rasa yang gurih, sedangkan tekstur konsumen menyukai perlakuan (R1) yaitu tekstur yang renyah. Masa simpan stick kentang ikan bandeng adalah selama 29 hari. Hipotesis penelitian ini diterima (H1) karena terdapat pengaruh pada warna, aroma, tekstur, dan rasa. Kesimpulan nilai rata-rata tertinggi pada penelitian uji pengamatan dan uji penerimaan terhadap warna, aroma, tekstur, dan rasa adalah perlakuan tiga (R2). Saran penelitian ini dapat dilanjutkan untuk melihat kandungan gizi dari stick kentang ikan bandeng.       

Kata Kunci: Substitusi Parsial, Kentang, Ikan Bandeng, Stick


Full Text:

PDF

References


Amiza Fitri, dkk. 2016. Penggunaan Daging dan Tulang Ikan Bandeng (Chanos chanos) Pada Stik Ikan Sebagai Makanan Ringan Berkalsium dan Berprotein Tinggi. Jurnal Teknologi Hasil Pertanian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Elya Nusantri, dkk. 2016. Ikan Bandeng Tanpa Duri (Chanos chanos) sebagai Peluang Bisnis Masyarakat Desa Mootinelo, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, I (1): 79.

Rachmansyah. 2004. Analisis Daya Dukung Lingkungan Perairan Teluk Awarange Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan Bagi Pengembangan Budidaya Bandeng dalam Keramba Jaring Apung. IPB. Bogor

Rahayu. 2001. Penuntun Praktikum Penilaian Organoleptik. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Ramadani Chaniago. 2019:50. “Pengaruh Penggunaan Tepung Ampas Tahu Terhadap Karakteristik Kimia Dan Organoleptik Kue Stick”, (Online), (https://jurnal.yudharta.ac.id/., diakses pada 5 november 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.