DAYA TARIK PEMAKAIAN MUKENA BERWARNA DIKALANGAN MAHASISWI

Miftahul Jannah, Fikriah Noer, Novita .

Abstract


Seiring perkembangan dengan kemajuan teknologi dibidang tekstil, maka model, warna dan motif mukena sudah beraneka ragam sehingga menjadi daya tarik bagi kalangan mahasiswi dalam memilih mukena berwarna. Dalam Hadist telah dijelaskan bahwa anjuran untuk lebih menggunakan warna putih dan terjadi kemakruhan jika seorang menggunakan mukena yang berwarna di dalam shalat dikarenakan akan terjadi riya  pada diri seseorang yang memakainya. Mukena berwarna yang ada dikalangan mahasiswi sangat praktis dan mudah untuk dibawa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Pendapat mahasiswi dalam pemakaian mukena berwarna dan (2) Faktor yang mempengaruhi daya tarik mahasiswi dalam pemakaian mukena berwarna. Metode yang  digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang bersifat naturalistik dengan sampel sebanyak tiga puluh responden. Teknik pengambilan data secara purposive sampling. Pengumpulan data diperoleh dari kuisioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, sebagian responden menggunakan mukena bercorak atau berwarna dalam mengerjakan shalat. Kurang dari setengah responden menggunakan mukena selain warna putih karena bahannya yang dingin. Lebih dari setengah responden memilih menggunakan mukena berwarna karena bahannya yang bagus. Lebih dari setengah mengetahui warna mukena yang dianjurkan dalam shalat yaitu warna putih. Akan tetapi, responden tetap menggunakan mukena berwarna atau bercorak karena menyukai bahan katun. Lebih dari setengah responden mengatakan bahwa mukena berwarna lebih murah dibandingkan mukena berwana putih. Simpulan penelitian ini adalah rata-rata dari responden lebih memilih mukena yang berwarna karena bahannya yang dingin dan dan harganya lebih murah dibandingkan mukena warna putih.

 

Kata kunci: Daya Tarik Mahasiswa, Pemakaian Mukena Berwarna


References


Al-Qur’anul Karim

Djaali, 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksar

Hadi, Sutrisno.2001. Motodelogi Research untuk Penulisan Paper, Skripsi, Thesis, Sdan Disertai. Jilid Tiga. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nasution,S. 2003. Metodelogi Penelitian Pendidikan Naturalistik Kualitatif. Bandung: PT Taristo

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke 10. Bandung : alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.