PERSEPSI GURU SMK TATA BUSANA TERHADAP PAGELARAN BUSANA MANCANEGARA TAHUN 2018

Intan Mutia, Annizar Ahmad, Mukhirah .

Abstract


Persepsi adalah kemampuan membeda-bedakan, mengelompokkan, memfokuskan perhatian terhadap suatu objek rangsang yang melibatkan proses interprestasi berdasarkan pengalaman terhadap suatu peristiwa atau objek. Sedangkan pagelaran busana adalah ajang kegiatan untuk memperkenalkan atau memamerkan sebuah karya dari seorang perancang busana kepada masyarakat umum. Dari judul skripsi ini, peneliti bermaksud untuk meneliti tentang persepsi Guru SMK Tata Busana terhadap pagelaran busanatahun 2018 karena bidang keilmuan yang dimiliki sangatlah relevan dengan PVKK Tata Busana. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah (1) mengetahui persepsi Guru SMK Tata Busana terhadap kesesuaian tema dan hasil rancangan busana dalam pagelaran busana mancanegara tahun 2018, (2) mengetahui persepsi Guru SMK Tata Busana terhadap hasil rancangan yang ditampilkan pada pagelaran busana tahun 2018 bernilai islami atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian lima orang. Teknik pengumpulan data dengan purposive sampling. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menemukan bahwa responden memberikan apresiasi positif terhadap pagelaran buana mancanegara tahun 2018. Responden mengatakan bahwa pagelaran busana tahun 2018 sudah dikategorikan dalam busana islami dan terdapat kesesuaian antara tema dan hasil rancangan yang ditampilkan. Responden juga mendukung penuh mahasiswa Tata Busana untuk terus mengembangkan kreativitas desain yang dimiliki.

Kata Kunci : Persepsi, Guru SMK Tata Busana, Pagelaran Busana


References


Al-Qur’an al karim

Arifah A. Riyanto. 2003. Teori Busana. Bandung: Yapemdo.

Elliyati. 2004. Apresiasi Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Fauzi, Ahmad. 2016. Pakaian Wanita Muslimah Dalam Perspektif Hukum Islam. Jurnal Ekonomi Syariah, 1 : 43-

Qanun. 2002. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Nomor 11 Tahun 2002 Tentang Pelaksanaan Syariat Islam Bidang Aqidah, Ibadah dan Syiar Islam. Aceh: Pemerintah Aceh.

Rahmat, Basuki. 2011. Skripsi. Studi Tentang Kerajinan Kuningan di Central of Bronzes milik H.Istono. (Jurnal-Online.um.ac.id/data/…/artikel713FB0F619B95C28A4EB0BAC559AA506. Pdf., Di akses pada 28 April 2019).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Pustaka Jaya.

Widihastuti. 2004. Memilih Busana yang Tepat dan Beretika Untuk Berbagai Macam Kesempatan. Yogyakarta: FT UNY

Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Grup.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.