PEMANFAATAN KAIN PERCA PADA PEMBUATAN TRAVEL SEWING KIT

Cut Luthfa Raihan, Fitriana ., Rosmala Dewi

Abstract


Pemanfaatan adalah suatu hal, cara, atau hasil kerja dalam memanfaatkan sesuatu yang berguna. Sedangkan, travel sewing kit dapat diartikan sebagai suatu tempat untuk membawa alat-alat menjahit. Dari judul skripsi ini, peneliti bermaksud untuk memanfaatkan kain perca dari sisa-sisa potongan kain agar dapat digunakan untuk membuat suatu tempat peralatan menjahit. Tujuan dari penelitian ini ialah (1) dapat mendesain kreasi travel sewing kit dengan memanfaatkan kain perca, (2) dapat menciptakan kreasi travel sewing kit dengan memanfaatkan kain perca, (3) dapat mengetahui respon konsumen terhadap produk travel sewing kit. Metode yang digunakan yaitu eksperimen terapan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsionate stratified random sampling yang berjumlah 80 orang yang terdiri dari  30 orang mahasiswa Tata Busana FKIP Unsyiah, 24 orang siswa/i SMKN 1 Mesjid Raya, dan 26 orang siswa/i SMKN 1 Al-Mubarkeya. Teknik pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi, studi kepustakaan, eksperimen terapan dan angket. Dari hasil analisa data, responden memberikan feedback  positif terhadap pembuatan travel sewing kit dengan memanfaatkan kain perca.

Kata kunci: Pemanfaatan, Kain Perca, Travel Sewing Kit


References


Amsyah, Zulkifli. 2003. Manajemen Kearsipan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Ernani, Hadiyati. 2011. Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13(1), 8-16

Himawan, Mia dan Syifa. 2014. Desain Busana dari Pola Hingga Jadi. Jakarta: Prima.

Margono, S. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Prihandani, Sri. 2008. Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMP Kelas VII pada Pokok Bahasan Pemisahan Campuran dengan Menggunakan Pendekatan Konstektual. Skripsi Sarjana pada Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak Diterbitkan.

Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugianto, Karra. 2017. Opini Pemirsa Surabaya Terhadap Blur dalam Program Acara di Televisi. Jurnal E- Komunikasi, 5(1), 1-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.