UPAYA GURU MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI UNGGUL LAMPEUNERUT ACEH BESAR

Dessy Artika, Tati Fauziah, Adnan Adnan.

Abstract


Dalam konteks motivasi belajar siswa, salah satu upaya guru adalah memberikan motivasi belajar kepada siswa. Penelitian ini berupaya mengungkapkan Bagaimana upaya guru dalam memberikan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SD Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru memberikan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SD Negeri Unggul Lampeunerut Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 4 orang guru kelas yang memberikan motivasi belajar di SD Negeri Unggul Lampeunerut Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data observasi dan wawancamra diolah dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang ditelah dilakukan bahwa dalam memberikan motivasi guru masih mengalami kesulitan yaitu pada kesadaran siswa tentang pentingnya motivasi yang diberikan oleh guru. Simpulan penelitian ini adalah guru di SD Unggul Lampeunerut Aceh Besar masih kesulitan dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa. Disarankan untuk para guru sebaiknya memberikan motivasi yang bervariasi dalam belajar mengajar.

 


References


Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fakhrian. 2010. Ilmu Sosial Dasar. http://fakhrian. Wordpress.com.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. 2016. Pedoman Penulisan skripsi. Unsyiah Banda Aceh.

Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan scaintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kunandar. 2010. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Spesifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.

Mudjiono dan Dimyati. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rohani, A. 2010. Pengelolaan Pengajaran Sebuah Pengantar Menuju Guru Profesional. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya. 2010. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman AM. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Wahyudin, Dkk.2007. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh