KONTRIBUSI MEDIA BELAJAR AUDIO VISUAL DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASILBELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI LAMPEUNEURUT

cut Rita Zahara, Hajidin Hajidin, Mislinawati Mislinawati.

Abstract


Media Audio Visual adalah alat yang dipergunakan dalam situasi belajar berguna untuk membantu tulisan dan kata yang di ucapkan dalam menyampaikan pengetahuan. Gaya Belajar adalah cara bagaimana menyerap dan menyimpan informasi selama proses belajar berlangsung.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kontribusi media belajar audio visual dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Lampeuneurut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi media belajar audio visual dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Lampeuneurut.Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V di SD Lampeuneurut Aceh Besar yang terdiri dari  4 kelas paralel. Yang terdiri dari kelas Va, Vb, Vc dan Vd yang terdiri atas 30 siswa, sehingga jumlah populasi adalah 120 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 30 orang siswa, sampel diambil dengan mengguanakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket dan tes.Data dianalisis dengan menggunakan rumus kolerasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (r) antara penggunaan media audio visual (X1), dengan hasil belajar sains (Y) pada siswa kelas V di SD Negeri Lampeunerut Aceh Besar adalah 0,73 (tinggi) dan nilai koefisien korelasi antara variabel gaya belajar (X2) dengan hasil belajar siswa sebesar 0,89 (sangat tinggi). Sedangkan koefisien korelasi ganda antara variabel media audio visual (X1) dan gaya belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) sebesar 0,91 (sangat tinggi). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media audio visual dan gaya belajar memberikan kontribusi yang sangat tinggi terhadap hasil belajar siswa.

 


References


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta

----------. 2006. Prosedur Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta

Azwar. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dakir. 2004. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan . Jakarta : BSNP

Djamarah. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Fitri., Zaenul Agus. 2012. Pendidikan Karakter. Jakarta: Ar- Ruzz Media.

Jacob. 2011. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta : Ardadizya.

Junianto. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kusnandar. 2008.Konsep dan Makna pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Mardalis. 2012. Langkah-langkah dalam Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy. 2009. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Mulyasa, 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2006. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuh, Khalis. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Alpabeta.

Nurgiantoro. 2006. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nursobah. 2013. Kurikulum 2013. Jakarta: Grafika Jaya.

Oemar, Hamalik. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Kusnandar. 2008. Karakteristik dalam Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana.

Sa’ud, Dkk. 2014. Kurikulum 2013. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Grafika Jaya.

-----------. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugyiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunaryo. 2004. Psikologi Pendidikan. Surabaya: UNNES.

Suryobroto. 2005. Tatalaksana Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Yusuf, Syamsu. 2006. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Grasindo Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh