PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PEMBELAJARAN EFEKTIF DI KELAS V SD NEGERI 50 BANDA ACEH

Asma Diani, Suwarno Suwarno., Mislinawati. Mislinawati.

Abstract


Kurang menguasai pengelolaan kelas adalah salah satu penyebab tidak tercapaianya pembelajaran yang efektif. Penelitian ini mengangkat masalah Apakah ada pengaruh antara pengelolaan kelas dengan pembelajaran efektif di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pengelolaan kelas dengan pembelajaran efektif di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. Hipotesis penelitian yakni terdapat pengaruh antara pengelolaan kelas dengan pembelajaran efektif di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh dengan populasi sebanyak 140 siswa dan sampel sebanyak 104 siswa. Populasi diambil dari 4 kelas, yaitu kelas VA, VB, VC, dan kelas VD. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dari masing-masing variabel dengan menggunakan skala likert. Uji reliabilitas dan uji prasyarat analisis menggunakan SPSS 16.0. Pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS 16,0. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh gambaran pengelolaan kelas pada kriteria tinggi dengan rata-rata 136,99 dan frekuensi relatif 60,4% dan pembelajaran efektifberada pada kriteria tinggi dengan perolehan rata-rata 94,97 dan frekuensi relatif 58,92%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan pembelajaran efektif di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. Terbukti dari hasil analisis korelasi antara pengelolaan kelas dengan pembelajaran efektifdiperoleh nilai korelasi 0,714 > 0,1927 dan signifikan 0,000 < 0,005. Ini berarti bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan pembelajaran efektif.


Full Text:

PDF

References


Adabiyah.2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Quantum Teaching.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

. 1988. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aswandi. Pembelajaran Efektif, dalam http://starawaji.wordpress.com/.

Aswan, Djamarah, Bahri, Syaiful. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Djufri, dkk. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: FKIP Unsyiah

Djamarah, Bahri, Syaiful. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djiwandono, Wuryani, Esti, Sri. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.

Faturahman Pupuh. 2007. Strategi Belajar Mengajar Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: PT.Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. 2007 Pembelajaran Visioner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jamridafrizal. Konsep Dasar Pengelolaan Kelas. dalam http://www.scribd.com/.

Muhith, Saekhan. 2008. Pembelajaran Konstektual. Semarang: Rasail.

Nata, Abudin. 2009. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Riyanto Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rusman. 2013. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-model Pembelajaran.

Jakarta: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.

Sabri, Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Ciputat:

PT.Ciputat Press.

Santrock, W, John. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Humanika.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2003. Belajar danFaktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Subroto, Suryo. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana. 2009. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabe.

Sukmadinata, Nana, Syaodih, Erlianty. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran

Kompetensi. Bandung, PT. Refika Aditama.

Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jakarta: CV. Mini Jaya Abadi.

Yasmin, Martinis. 2011. Pardigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh