HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI EDUKATIF GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 18 BANDA ACEH

Rizawati Rizawati., Sulaiman Sulaiman., Alfiati Syafrina

Abstract


Interaksi Edukatif merupakan salah satu bentuk interaksi yang berlangsung dalam suatu ikatan untuk tujuan pendidikan. Dengan interaksi edukatif diharapkan guru mampu mencapai tujuan pendidikan dengan baik. Karena apabila interaksi edukatif berlangsung tidak dengan semestinya tentu akan member dampak terhadap tujuan pendidikan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi edukatif guru dengan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 18 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi edukatif  guru dengan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 18 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 18 Banda Aceh, yang berjumlah 27 orang. Karena jumlah populasi tidak banyak, maka keseluruhan populasi di jadikan sampel. Pengumpulan data tentang Interaksi edukatif guru dengan menggunakan angket sedangkan data hasil belajar diperoleh melalui dokumentasi dengan mengambi lnilai-nilai UTS siswa kelas VI SD Negeri 18 Banda Aceh.Setelah data terkumpul, data diolah menggunakan rumus korelasi product moment untuk melihat hubungan antara dua variabel. Dari hasil analisis data diperoleh sebesar -0,296 danpada n= 27 dengan taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi edukatif guru dengan hasil belajar siswa kelas VI di SD Negeri 18 Banda Aceh. Hasil ini diharapkan menjadi masukan bagi guru agar mencari cara yang berbeda untuk membuat siswa menjadi lebih semangat dan giat dalam belajar serta mencari solusi yang tepat untuk masalah tersebut agar hasil belajar siswa menjadi lebih baik lagi.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Djamarah, M.Ag. 2005. Guru dan Anak Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahridan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djufri, M.Sidkk. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi, Banda Aceh: FKIP Unsyiah.

Dwi Priyatno. 2008. Mandiri Belajar SPSS. MediaKom : Yogyakarta.

Handayani, T. 2014. Interaksi Edukatif di Sekolah. .jurnal Al-Riwayah, (online) Volume 7 Nomor 2, Agustus : 93-101. (e-jurnal.stain-sorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah/article/download/16/15)

Khadijah M.Ag. 2013.Belajar dan Pembelajaran, Bandung :Cita pustaka Media.

Khoiratinisa. 2012.Korelasi Interaksi Edukatif Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa di MTS Al Ma’had AnNur Ngrukem Bantul Yogyakarta. (online) 16 Februari 2017. (digilib.uin-suka.ac.id /9975/1/BAB%20I,%20IV,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf)

Komsiyah, Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Teras

Munawaroh, M.Kes. 2013. Panduan Memahami Metodologi Penelitian, Malang:Intimedia.

Sukmadinata, Syaodih, Nana. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.

Soraya. 2015. Hubungan antara Interaksi Edukatif guru dengan siswa terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XI MA futuhiyyah 2 Mranggen Demak. (online) 16 Februari 2017. (perpus.iainsalatiga.ac.id/docfiles/fulltext/1427273335.pdf)

Sardiman A.M. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung:Alfabeta.

Sugiyono, 2014.StatistikaUntukPenelitian, Bandung: Alfabeta

Usman, MohUzer. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: RemajaRosdakarya.

Zuriah, N. M.Si. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan teori-aplikasi, Jakarta: BumiAskara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh