KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK SISWA KELAS V SD NEGERI 16 BANDA ACEH

Ricky Pratama, Bukhari Bukhari., Mahmud Mahmud.

Abstract


Salah satu materi pembelajaran di kelas V SD adalah mngientifikasi unsur intrinsik cerita pendek, Penelitian ini berupaya untuk melihat kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Pendek Siswa Kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh.Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek di kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara rinci kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek pada kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh yang berjumlah 63 orang.sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif yaitu berupa 20 soal objektif yang dibagikan kepada siswa.pengolahan data menggunakan teknik statistik deskriptif persentase P= x 100%. Berdasarkan hasil penelitian  ini dapat dikemukakan sebagai berikut, nilai rata-rata kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek siswa kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh adalah 86. Siswa secara klasikal telah menguasai unsur-unsur intrinsik kecuali unsur sudut pandang, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya siswa yang tidak mampu menjawab pertanyaan mengenai sudut pandang.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek siswa kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh termasuk dalam kategori baik.Namun tetap saja siswa perlu memperbanyak latihan membaca dengan sering melakukan kunjungan ke perpustakaan sekolah.


References


Brahmana, S. 2008. Sastra Sebagai Sebuah Disiplin Ilmu. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. Universitas Sumatera Utara.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto, 2005.Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ichsan, Muhasibi. 2013. Analisis Cerpen Pendekatan Kritik Sastra Cerpen “Aku” Karya Adi Zamzam (Kompas, 26 Agustus 2012). Jurnal Ilmiah Pendidikan. STKIP Doktor Nugroho Magetan.

Jabrohim dkk. 2003. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kesowo, Bambang. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.

Rosdahliana, Wa. 2013. Analisis Tema Dan Amanat Dalam Novel Habibie Dan Ainun karya Bachruddin Jusuf Habibie. Ejournal Pendidikan Bahasa Dan sastra Indonesia Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Sukino. 2010. Menulis Itu Mudah. Yogyakarta: Pustaka Populer LKiS Yogyakarta.

Sumardjo, Jakob. 2007. Catatan Kecil Tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suryosubroto, B. 2010.Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka

Cipta.

Syah, Muhibin. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wiyatmi, 2008. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka book publisher.

Brahmana, S. 2008. Sastra Sebagai Sebuah Disiplin Ilmu. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. Universitas Sumatera Utara.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto, 2005.Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ichsan, Muhasibi. 2013. Analisis Cerpen Pendekatan Kritik Sastra Cerpen “Aku” Karya Adi Zamzam (Kompas, 26 Agustus 2012). Jurnal Ilmiah Pendidikan. STKIP Doktor Nugroho Magetan.

Jabrohim dkk. 2003. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kesowo, Bambang. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.

Rosdahliana, Wa. 2013. Analisis Tema Dan Amanat Dalam Novel Habibie Dan Ainun karya Bachruddin Jusuf Habibie. Ejournal Pendidikan Bahasa Dan sastra Indonesia Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Sukino. 2010. Menulis Itu Mudah. Yogyakarta: Pustaka Populer LKiS Yogyakarta.

Sumardjo, Jakob. 2007. Catatan Kecil Tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suryosubroto, B. 2010.Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka

Cipta.

Syah, Muhibin. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wiyatmi, 2008. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka book publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh