HUBUNGAN ANTARA PENANAMAN NILAI KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 1 PAGAR AIR KABUPATEN ACEH BESAR

M. Arif Nabawi, Monawati Monawati., Awaluddin Awaluddin.

Abstract


Hasil belajar yang baik diperoleh karena adanya kedisiplinan belajar. Kedisiplinan belajar menjadi prasyarat bagi pembentukan sikap, perilaku dan tata kehidupan berdisiplin yang akan mengantar seorang siswa sukses dalam belajar dan kelak ketika bekerja.

Penelitian ini berupaya untuk melihat adakah hubungan antara penanaman nilai  kedisiplinan terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas IV di SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penanaman nilai kedisiplinan terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas IV di SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar. Hipotesis penelitian ini ada hubungan antara penanaman nilai kedisiplinan terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 1 Aceh Besar.

            Pendekatan yang digunakan dalam penilaian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar dengan populasi sebanyak 38 siswa dan sampel sebanyak 38 siswa. Populasi diambil dari 1 kelas, yaitu kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dengan korelasi product moment.

Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui bahwa angka korelasi antara variabel x (penanaman nilai kedisiplinan) dengan varibel y (hasil belajar PKn siswa) tidak bertanda negatif, yaitu rhitung = 0,723. Melihat besarnya angka korelasi tersebut  maka dapat disimpulkan bahwa korelasi antara penanaman nilai kedisiplinan dengan hasil belajar PKn siswa berada pada kategori kuat. Penanaman nilai kedisiplinan mempengaruhi hasil belajar PKn siswa 52,2%. 47,8% dipengaruhi oleh faktor lainnya.


Full Text:

PDF

References


Danim, Sudarwan. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Dolet, Unaradjan. 2003. Manajemen Disiplin. Jakarta: Grasindo.

Fadlillah, Muhammad.2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Jogjakarta; Ar-Ruzz Media.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi 5). Diterjemahkan oleh Istiwidayanti dan Soedjarwo. 2008. Jakarta: Erlangga.

Image courtesy of (http://soedijarto.blogspot.com/2013/05/dukung-revisi-uu-sisdiknas-dengan.htm/., diakses pada 10 Agusutus 2016).

M. Daryono, dkk 1998, Pengantar Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ma’sumah, Siti. 2015. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan II Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Diakses dari lib.unnes.ac.id pada tanggal 29 Agustus 2016.

Rifai, Mumammad. 2011, Sosiologi pendidikan: Struktur & Interaksi Sosial di Indonesia Pendidika. Jogjakarta: Ar-ruzz media.

Ruswandi 2013, Psikologi pendidikan. Jakarta: rineka Cipta.

Sanjaya, Wina 2006, Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana perdana media group.

Sjarkawi. 2009. Pembentukan Kepribadian Anak. Peran Moral, Intelektual, Emosional, Peran Sosial sebagai Wujud Integritas Membagun Jati Diri, Jakarta: Bumi Angkasa.

Slameto, 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono 2014, Metode penelitian pendidikan, Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujadna, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suprijono, Agus. 2013. Cooprerative Learning, Teori & Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Usman, Husaini & Akbar, Purnomo S. 2006. Pengantar Statistika (Edisi Kedua). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wiratomo, Giri Harto. 2007. Tata Tertib Sekolah Sebagai Sarana Pendidikan Moral Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negri 5 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Wiyani, Novan Ardy. 2013. Manajemen Kelas, Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Zubaedi, 2011. Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: Kencana.

Zuriah, Nurul. 2008. Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan, Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh