KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI SISWA KELAS V SD NEGERI GAROT ACEH BESAR

Febri Andira, Adnan. Adnan., M.Yamin. Yamin

Abstract


Penelitian ini berjudul “ Kemampuan Menulis Surat Resmi Siswa Kelas V SD Negeri Garot Aceh Besar ”. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat kemampuan menulis surat resmi siswa kelas V SD Negeri Garot Aceh Besar. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis surat resmi siswa kelas V SD Negeri Garot Aceh Besar.Jenis penelitian ini digolongkan dalam penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas V SD Negeri Garot Aceh Besar yang berjumlah 66, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VB SD Negeri Garot Aceh Besar tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 32 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes untuk mengukur kemampuan siswa terhadap materi yang telah dipelajari, nilai yang didapat dari tes inilah diambil sebagai data dan diolah dengan menggunakan rumus menghitung rata-rata M =. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa yang memperoleh nilai  (86 – 100) dengan kategori sangat mampu sebanyak 23 orang siswa (71,87%), siswa yang memperoleh nilai (76 – 85) dengan kategori mampu  sebanyak 6 orang  (18,75%),siswa yang memperoleh nilai (66 – 75) dengan kategori cukup mampu sebanyak 2 orang  (6,25%),siswa yang memperoleh nilai (51 – 65) dengan kategori kurang mampu sebanyak 1 orang (3,12%), dan tidak ada siswa yang memperoleh nilai 50 kebawah dengan kategori tidak mampu. Nilai rata-rata kemampuan siswa kelas V SD Negeri Garot Aceh Besar adalah 88,86. Berdasarkan klasifikasi nilai diatas, maka nilai rata- rata siswa  berada pada kategori sangat mampu. Dengan demikian, siswa kelas V SD Negeri Garot Aceh Besar telah memiliki kemampuan yang sangat mampu dalam menulis surat resmi.


Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti, dkk. 1991.Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indnesia.

Di akses dari (http://digilib.unila.ac.id/351/11/BAB%20II.pdf) pada tanggal 30 agustus 2016.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. 2004. Didalam Jurnal Mahmud, Teuku. 2016. Kemampuan

Keterampilan Menulis Surat Dinas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16

Banda Aceh. Banda Aceh.

Rahmi, Hayatun. 2011. Kemampuan Siswa Kelas VI MIN Tungkop Aceh Besar Menulis Surat Resmi. Banda Aceh: Skripsi Universitas Syiah Kuala.

Resmini N, Djuanda D, dan Indihadi D. 2006. Pembinaan dan Pengembangan

Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.Di akses dari

(http://digilib.unila.ac.id/351/11/BAB%20II.pdf) pada tanggal 30 agustus 2016.

Robbins, Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Indeks Kelompok

Gramedia.

Semi, M. Atar. 2008. Terampil Menulis Surat. Bandung: Titian Ilmu.

Setiawan, O. Djuharie, Suherli dan Teddy Sutandi K. 2009. Surat-Menyurat Serbaguna Panduan Korespondensi Bahasa Indonesia. Bandung: CV. Yrama Widia.

Soedjito.2010. TerampilMenulis Surat ResmiBahasa Indonesia. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Raya.

Soedjito dan Solchan TW. 2016. Surat Menyurat Resmi Bahasa Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana. 2005. Metode Statistika.Bandung:Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Suprapto. 2014. Penuntun Praktis Surat Menyurat Dinas Resmi Bahasa

Indonesia. Bandung: CV Mandar Maju.

Tarigan, Henry, Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Thobroni, M. 2008. Obsesi Jadi Penulis Beken!.Jakarta: Matara.

Tim penyususun.2016. Pedoman Penulisan Skripsi FKIP Unsyiah. Unversitas Syiah Kuala.

Yunus, Suparno. 2011. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh