KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT MENJADI PARAGRAF SISWA KELAS V SD NEGERI2 LAMPASEH KABUPATEN ACEH BESAR

Dina Rizkina, Adnan. Adnan., M.Yamin. M.Yamin

Abstract


Penelitian ini berjudul “Kemampuan Menyusun Kalimat menjadi Paragraf Siswa Kelas V SD Negeri 2 Lampaseh.Penelitian ini berupaya mengukur tingkat kemampuan menyusun kalimat menjadi paragraf siswa kelas V SD Negeri 2 Lampaseh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan  kemampuan menyusun kalimat menjadi paragraf siswa kelas V SD Negeri 2 Lampaseh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu deskriptif.

Pengumpulan data dilakukan melalui tes menyusun urutan kalimat acak menjadi sebuah paragraf. Tes yang diberikan berupa kalimat-kalimat acak yang berjumlah 10 soal, yang setiap soalnya berisikan 4-5 kalimat yang akan diurutkan menjadi sebuah paragraf. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Lampaseh yang berjumlah 20 siswa.

Data diolah dengan menggunakan rumus persentase.Rumus tersebut digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas V dalam menyusun kalimat menjadi paragraf.Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa dalam menyusun kalimat menjadi paragraf berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa dalam menyusun kalimat menjadi paragraf adalah 69.5. Maka dari data yang diolah, terdapat 5 siswa yang mendapatkan skor pada kategori baik sekali  dengan nilai (80-100) dengan persentase 25%. Adapun siswa yang memperoleh skor pada katerogi baik dengan nilai (66-79) sebanyak 6 siswa dengan persentase 30%, siswa yang mendapatkan skor pada kategori cukup dengan nilai (56-65) sebanyak 6 siswa dengan persentase 30%, dan siswa yang mendapatkan skor kategori kurang dengan nilai (40-55) sebanyak 3 siswa dengan persentase 15%.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SD Negeri 2 Lampaseh mempunyai kemampuan untuk menyusun kalimat menjadi paragraf sesuai dengan yang diharapkan.


References


DAFTAR PUSTAKA

Alek, dan Achmad. 2010. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.

Alwi, Hasan, dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Grafindo Persada.

FKIP Unsyiah. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: Universitas SyiahKuala.

Kunjana, R Rahardi. 2009. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.

Mulyono, Iyo. 2012. Ihwal Kalimat Bahasa Indonesia Dan Problematika Penggunaannya.Bandung: Yrama Widya.

Putra, Nusa. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2009. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Wijdono. 2007.Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Grasindo

Wiyanto, Asul. 2004. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Grasindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh