PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SD NEGERI 2 TEUNOM ACEH JAYA

Andi Ikhsan, Sulaiman. Sulaiman., Ruslan Ruslan

Abstract


Dalam konteks persoalan sumber belajar, yang dapat dilakukan oleh guru adalah pemanfaatan lingkungan sekolah sebgai sumber belajar.Penelitian ini berupaya mengungkapkan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di SD Negeri 2 Teunom Aceh Jaya.Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SD Negeri 2 Teunom Aceh Jaya.(2)Kendala guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SD Negeri 2 Teunom Aceh Jaya.(3) Upaya apauntuk mengatasi kendala guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SD Negeri 2 Teunom Aceh Jaya.

            Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara.Teknik wawancara adalah dengan mewawancarai 6 orang guru kelas.Selanjutnya seluruh data diolah dengan tahapan anlisis data kualitatif yaitu reduksi data, model data (data display), penarikan/verifikasi kesimpulan.

            Simpulan penelitian ini adalah Pemanfaatan lingkungan sekolah dilakukakan agar siswa diberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk aktif menggali informasi tentang segala sesuatu yang ada disekitarnya dan kemudian dihubungkan dengan pembelajaran yang ada disekolah.Pembelajaran yang berlangsung tidak membosankan dan siswa langsung belajar dengan dunia nyata tidak hanya belajar teori-teori dari buku saja.Kendala yang muncul dalam usaha memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, kurangnya perhatian siswa pada saat guru menjelaskan pembelajaran. Ruang lingkup pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar lebih luas sehingga anak-anak tidak fokus  mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugasnya. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan pemanfaatan lingkungan sekolah siswa diharapkan dapat menggali bahan  sebanyak-banyaknya dari lingkungan sekolah.Guru lebih mengoptimalkan pemanfaatan lingkungan sebagai sumberbelajar dan harus melakukan persiapan dalam melakukan proses pembelajaran, guru harus lebih berperan dalam mengelola kelas, sehingga siswa tidak ada yang membuat kegaduhan. Lingkungan sekolah sangatlah berpengaruh terhadap sebuah proses pembelajaran bagi anak didik, karena bagaimanapun lingkungan sekitar yang sengaja digunakan sebagai alat dalam proses pendidikandapat memberikan pengalaman kepada siswa

 


References


Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

FKIP Unsyiah, 2016.Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( FKIP ) Universitas Syiah Kuala.

Fuad,Ihsan. 2008. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Meimudayanti, Ludvi dan Rukmi Susetyo.2013. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Sekolah Dasar.Jurnal.http://ejournal.unesa.ac.id/article/5227/18/article. Diakses Pada Tanggal24 Mei 2016.

Moha,Hatim. 2015. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Jurnal.http://kim.ung.ac.id/index.php/KIMFIP/article/download/8873/8760.Diakses Pada Tanggal 24 Mei 2016.

Munib, Ahmad. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang. UNNES Press.

Mustaqim,Muhammad. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Pada Kelas VII F Smp Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011-2012.Jurnal.http://eprints.ums.ac.id/19207/25/JURNAL_BARU.pdf. Diakses 24 Mei 2016.

Sanjaya,Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Prenada Media.

Siregar, Eveline dan Nara, Hartini.2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: PT Ghalia Indonesia.

Soeharto, Karti dkk. 2003. Teknologi Pembelajaran. Surabaya: SIC.

Sudjana dan Rivai.2002.Media Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.

Sudjana, Nana. 2009. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh