HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 18 BANDA ACEH

Zainidar Aslianda, Israwati. israwati, Nurhaidah. Nurhaidah

Abstract


Penelitian yang berjudul “Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Banda Aceh” ini megangkat masalah bagaimana hubungan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 18 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 18 Banda Aceh. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 18 Banda Aceh.

Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 18 Banda Aceh  karena populasinya tidak banyak hanya berjumlah 30  jadi Karena jumlah populasi sangat sedikit sehingga mengharuskan penelitian untuk mengambil semua populasi sebagai sampel yang berjumlah 30 orang siswa kelas IV SD Negeri 18 Banda Aceh tersebut di jadikan sebagai sampel penelitian. Hal ini sesuai dengan pendapat Arikunto (2002: 112) menyatakan bahwa “Jika populasi penelitian belum mencapai angka 100, maka semua populasi ditetapkan sebagai sampel, sehingga penelitian tersebut dinamakan dengan penelitian populasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara angket dan dokumentasi.

Bedasarkan hasil penelitian diperoleh nilai koefesien korelasi (r) = 0,59 dimana nilai tersebut menjelaskan adanya pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri  Banda Aceh. Dari hasil pengujian data diperoleh nilai r hitung sebesar 0,59 sementara r tabel 0,361 pada taraf signifikasi 5%. Dengan demikian hipotesis nol (Ho) dinyatakan ditolak, sedangkan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima, artinya bahwa terdapat korelasi positif antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Banda Aceh memiliki korelasi yang cukup.

 

Kata Kunci: Disiplin belajar, hasil belajar

 


Full Text:

PDF

References


Allen E, Jane dan Marylin Cheryl.2005. Disiplin positif. Jakarta Penerbit: Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, Surhasimi. 2002 prosedur penelitian suatu pendekatan teori dan praktek. Jakarta Penerbit: Rineka Cipta.

Dalyono, M. (2005). Psikologi Pendidikan Jakarta. Penerbit : PT Rineka Cipta.

Koenig, Larry J.(2003). Menanamkan Disiplin dan Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak.Jakarta Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama.

Minarti, Sri. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jogjakarta Penerbit:Ar-ruzzMedia

Nazir, Moh. (2009). Metode Penelitian, Jakarta Penerbit: Ghalia Indonesia.

Pratiwi, Fajrin. Skripsi, Studi Deskriptif Pemahaman Kedisiplinan Dalam Mentaati Tata Tertib Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri I Mandiraja. Universitas Negeri Semarang (http:www.google.com.2013).

Prasetyo, Andrie. Skripsi, Pengaruh Konsep Diri dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan Teknik Audio Video di SMK Muhaammadiyah 3 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta (http://id.wordpress.com.2013).

Imron, Ali. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung Penerbit: Alfabeta.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta Penerbit: PT. Reneka Cipta.

Sudijono, Anas.(2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Penerbit: Rajawali Grafindo Persada.

Sudijono, Anas. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta Penerbit: Rajawali Grafindo Persada.

Sukardi, Ph. D.(2003). Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta Penerbit: PT Bumi Aksara.

Wiyani, Novan Ardy. (2013). Manajemen Kelas. Jogjakarta. Penerbit : Ar- ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh