PENERAPAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI STIMULUS PADA PROSES MENGAJAR DI KELAS 4 DAN 5 SEKOLAH DASAR NEGERI LAMPAGEU ACEH BESARPENERAPAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI STIMULUS PADA PROSES MENGAJAR DI KELAS 4 DAN 5 SEKOLAH DASAR NEGERI LAMPAGEU ACEH BESAR

T. Syarifah Farahdiba Al-idrus, Mahmud. Mahmud, Linda Vitoria

Abstract


Dalam konteks interaksi proses mengajar di kelas, salah satu keterampilan guru mengadakan variasi stimulus. Bagaimanakah kemampuan guru dalam   menerapkan keterampilan mengadakan variasi stimulus pada proses mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  keterampilan guru mengadakan variasi stimulus di kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar Negeri Lampageu Aceh Besar. Pengambilan data di lapangan dilaksanakan mulai tanggal 5 september 2016 sampai tanggal 19 september 2016. Instrumen penelitian dilakukan melalui lembar observasi guru dan wawancara.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui  observasi  dan wawancara.

Berdasarkan hasil penelitian, tampak bahwa keterampilan guru dalam mengadakan variasi stimulus dalam aspek sering sekali variasi suara, pemusatan perhatian, kontak pandang, aspek selalu dapat dilihat dalam keterampilan mimik wajah senyum, variasi gerakan badan seperti gerakan tangan saat guru menunjukkan materi yang penting, gerakan kepala, pada aspek jarang sekali dalam media yang dapat dilihat, media yang dapat diraba, sedangkan pada aspek tidak pernah pada media yang dapat diraba. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar Negeri Lampageu Aceh Besar mampu dalam keterampilan mengadakan variasi stimulus sangat baik.

 

Kata Kunci    : Keterampilan Variasi Stimulus

 


Full Text:

PDF PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

Rineka Cipta.

Asril, Zainal. 2010. Micro Teaching. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Djamarah, Bahri Syaiful dan Zaini Aswan. 2002. Stratregi Belajar Mengajar. mmmmmJakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Bahri Syaiful. 2005. Guru dan Anak Didik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

FKIP Universitas Syiah Kuala. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Fakultas nnnnnnnnKeguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsyiah.

Hasibuan, J.J dan Moedjiono. (Eds). 2012. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. ggggggggRemaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina H. 2013 Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis ttttttttttttKompetensi. Jakarta: Kencana.

Sudjana. 2005. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Alfabeta.

Tim Pengajran Micro. Tanpa tahun. Pengajaran Mikro. Universitas Syiah Kuala hhhhhhhhDarussalam-Banda Aceh.

Usman, Uzer Moh. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja hhhhhhhhRosdakarya.

Yani, Ahmad. 2013. 12 Keterampilan Dasar Mengajar. Bandung: Pringgandani.

Nursinah. 2012. Efektifitas Penerapan P


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh