PENGARUH MEDIA E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 20 BANDA ACEHPENGARUH MEDIA E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 20 BANDA ACEH

Maya Rahmatia, Monawati. Monawati, Said Darnius

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) telah membawa perubahan pesat dalam aspek kehidupan manusia. Salah satu bidang yang mendapatkan dampak cukup berarti dalam perkembangan IPTEK adalah bidang pendidikan. Salah satu produk IPTEK untuk pembelajaran adalah media e-learning. Penelitian ini berupaya untuk melihat apakah terdapat pengaruh media e-learning terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media e-learning terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh. Hipotesis penelitian ini ada pengaruh media e-learning terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh.

            Pendekatan yang digunakan dalam penelian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang siswa kelas IV-3 yang terdiri dari 18 orang perempuan dan 14 orang laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik Uji-t pada taraf 5% (α=0,05).

Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian, karena thitung ≥ ttabel yaitu 4,8  ≥  2,042, sehingga H0 ditolak atau H1 diterima maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh media e-learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan di kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Kemampuan siswa menyelesaikan soal tes yang berhasil yaitu 78,12%.

 

Kata kunci: Kecerdasan Logika Matematika, Kedisiplinan Belajar

 


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2002. Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.

Hartono, E. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 1 Bantul. Skripsi: Fakultas Sains dan Teknologi Yogyakarta.

Ismiasri, T. 2011. Pemanfaatan Teknologi Multimedia dalam Pembelajaran Matematika. Blitar: STKIP

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup- Edisi Revisi . Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mayer, Richard. 2009. Multimedia Learning Prinsip-prinsip Aplikasi. Surabaya:ITS Press.

Nikmah, Z. 2013. Implementasi E-learning PAI di SMAN 1 Teladan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta:Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Prawiradilaga, D. 2012. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

----------.

Sudjana. 2005. Statistika. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RND. Bandung: Alpabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sutedjo, B. 2002. E-Education, Konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta:ANDI OFFSET.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi-Progresif. Jakarta: Kencana

Usman, Husaini & Akbar, R. Purnomo S. 2008. Pengantar Statistika (Edisi Kedua). Jakarta: PT. Bumi Aksara

Yazdi, M. 2012. E-Leraning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek. Sulawesi Tengah: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh