KENDALA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN BUKU PAKET KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 50 BANDA ACEHKENDALA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN BUKU PAKET KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 50 BANDA ACEH

Lini Yulia Yulia, Bakhtiar. Bakhtiar, Fauzi. fauzi

Abstract


Perubahan kurikulum 2013 bertujuan untuk memperbaharui kurikulum menjadi lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja kendala guru dalam mengimplementasikan Buku Paket Kurikulum 2013 di SD Negeri 50 Banda Aceh dan Bagaimana solusi dalam menangangani kendala guru dalam mengimplementasikan Buku Paket Kurikulum 2013 di SD Negeri 50 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apa saja kendala guru dalam mengimplementasikan Buku Paket Kurikulum 2013 di SD Negeri 50 Banda Aceh dan (2) untuk mengetahui solusi dalam menangani kendala guru dalam mengimplementasikan Buku Paket Kurikulum 2013 di SD Negeri 50 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari guru-guru kelas SD Negeri 50 Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru kelas di SD Negeri 50 Banda Aceh yang berjumlah 20 orang dengan 20 rombel pelaksanaan wawancara dilaksanakan pada tanggal 18 sampai 21 Oktober 2016. Pengumpulan data di lakukan dengan wawancara. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan bahwa kendala guru dalam mengimplementasikan Buku Paket; materi sedikit dan tidak mendalam, proses penilaian rumit dan menyita waktu banyak, dan susah merubah mindset belajar siswa dari kurikulum sebelumnya dan solusi yang dilakukan guru harus berinisiatif untuk mencari tambahan bahan ajar dan mendalami tentang Kurikulum 2013. kesimpulan penelitian ini adalah guru-guru kelas di SD Negeri 50 Banda Aceh masih kesulitan menerapkan Buku Paket, sehingga proses pembelajaran tidak sesuai dengan yang diharapkan. Disarankan untuk para guru agar lebih termotivasi untuk mencari tambahan bahan ajar dari referensi lain baik itu buku-buku pelajaran lain maupun melalui internet.

 

Kata Kunci : Kendala, Buku Paket (Buku Guru dan Buku Siswa), Kurikulum 2013.

 


References


Arifin, Zainal. 2012. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Rosdakarya.

Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Rosdakarya.

Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniasih, Imas, Berlin Sani, 2014. Sukses mengimplementasikan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Maunah, Binti. 2009. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras

Sunarti, Selly Rahmawati, 2014. Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Suryabrata, Sumadi. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Usman, Husaini dan Akbar, Purnumo Setiady. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh