DESKRIPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SD NEGERI 40 BANDA ACEHDESKRIPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SD NEGERI 40 BANDA ACEH

zulhandayani. Zulhandayani, Mahmud. Mahmud, Bukhari. Bukhari

Abstract


 

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kualitas pembelajaran. Rendahnya mutu pendidikan pada dasarnya disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah faktor kompetensi guru. Penelitian ini mengangkat masalah “Bagaimana Kompetensi Pedagogik Guru di SD Negeri 40 Banda Aceh?”.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman kompetensi pedagogik guru di SD Negeri 40 Banda Aceh.

            Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 40 Banda Aceh dengan subjek sebanyak 9 orang guru kelas.

            Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara.Untuk mengolah data menggunakan rumus deskriptif persentase dan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasanya seluruh guru kelas di SD Negeri 40 Banda Aceh hampir semuanya sudah terlihat dalam melaksanakan kompetensi pedagogik guru. Guru kelas memiliki kompentesi pada aspek kemampuan mengelola pembelajaran, pemahaman terhadap peserta didik, prinsip pengembangan kurikulum/ silabus (mencantumkan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran), perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, pengembangan potensi peserta didik.

 

Kata Kunci: Kompetensi pedagogic


References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

FKIP UNSYIAH. 2012. Panduan Pedoman Penulisan Skripsi. Unsyiah: Banda Aceh.

Muayasa, E. 2010.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2008.Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Prenada Media Group.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RND. Bandung: Alpabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh