UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI LESSON STUDY DI KELAS V SD NEGERI LAMPAGEU ACEH BESAR

Wihil Mina, Israwati. israwati, Linda Vitoria

Abstract


Dalam konteks interaksi belajar mengajar di kelas siswa kurag mandiri, penelitian ini berupaya mengungkapkan upaya peningkatan kemandirian belajar siswa melalui lesson study. Secara khusus penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa melalui lesson study di kelass V SD Negeri Lampageu Aceh Besar dan (2) untuk mengetahui aktifitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran melalui lesson study di kelas V SD Negeri Lampageu Aceh Besar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Lampageu Aceh Besar, sebanyak 15 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Pelaksanaan lesson study dimulai dari tanggal 05 september 2016 sampai 19 september 2016. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi aktifitas siswa dan wawancara guru. Teknik pengumpulan data menggunakan statistic sederhana untuk melihat atau mencari nilai rata-rata jawaban responden. Berdasarkan hasil analisis data observasi belajar siswa memperoleh nilai rata-rata pada pertemuan pertama sebanyak 2,896, kedua 3,413, dan ketiga sebanyak 3,6928. Analisis nilai rata-rata sudah ada peningkatan kemandirian belajar siswa pada setiap pertemuan. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa senang dan sangat bersemangat dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas V SD Negeri Lampageu Aceh Besar sangat antusias dan bersemangat, sehingga interaksi proses belajar mengajar dapat berlangsung seperti yang diharapkan.

 

Kata Kunci: Kemandirian Belajar Siswa, Lesson Study


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad dan Asrori Mohammad. 2004. Psikologi remaja perkembangan peserta didik. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Krisnawan. 2010. Penerapan Metode Lesson Study Dalam Pembentukan Pendidikan yang Berkarakter. KTI. FKIP. Surakarma Universitas Sebelas Maret.

Lipton, Moh. 2005. Menumbuh Kembangkan Kemandirian Belajar Siswa. Yogyakarta: PT. Indeks.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.

Mudjiman, Haris. 2008. Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press

Munandar, Utami. 2005. Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.

Rusman. 2011. Model-model pembelajaran mengembangkan propesionalisme guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Santrok, John W. 2003. Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Soemanto Wasty.2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Subliyanto. 2011. Kemandirian Belajar. (http/subliyanto.blogspot.com)

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsinto.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Ali, Mohammad dan Asrori Mohammad. 2004. Psikologi remaja perkembangan peserta didik. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Krisnawan. 2010. Penerapan Metode Lesson Study Dalam Pembentukan Pendidikan yang Berkarakter. KTI. FKIP. Surakarma Universitas Sebelas Maret.

Lipton, Moh. 2005. Menumbuh Kembangkan Kemandirian Belajar Siswa. Yogyakarta: PT. Indeks.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.

Mudjiman, Haris. 2008. Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press

Munandar, Utami. 2005. Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.

Rusman. 2011. Model-model pembelajaran mengembangkan propesionalisme guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Santrok, John W. 2003. Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Soemanto Wasty.2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Subliyanto. 2011. Kemandirian Belajar. (http/subliyanto.blogspot.com)

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsinto.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh