PERSEPSI GURU TERHADAP MATERI MATEMATIKA DI BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS IV, V, VI PADA KURIKULUM 2013 DI GUGUS DELIMA KOTA BANDA ACEHPERSEPSI GURU TERHADAP MATERI MATEMATIKA DI BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS IV, V, VI PADA KURIKULUM 2013 DI GUGUS DELIMA KOTA BANDA ACEH

Warahmah. warahmah, Fauzi. fauzi, Rosma Elly Elly

Abstract


Materi matematika yang ada di buku guru dan buku siswa pada kuriklum 2013 dibahas secara umum dan tidak spesifik sehingga menimbulkan persepsi guru terhadap materi matematika yang ada di buku guru dan buku siswa pada kurikulum 2013. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru terhadap materi matematika di buku guru dan buku siswa kelas IV,V,VI pada kurikulum 2013 di Gugus Delima Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru yang tergabung dalam Gugus Delima tentang materiĀ  materi matematika di buku guru dan buku siswa kelas IV,V,VI pada kurikulum 2013. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru wali kelas IV,V dan VI yang tergabung dalam Gugus Delima Kota Banda Aceh yang berjumlah 18 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data ini diproleh melalui observasi dan angket. Data diolah dengan rumus statistik sederhana yaitu deskriptif persentase. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan bahwa (77,78 %) guru yang tergabung dalam Gugus Delima Kota Banda Aceh berpendapat bahwa kurikulum 2013 susah bagus dan baik di terapkan di sekolah. Analisis data tentang pesrsesi guru terhadap materi matematika dapat kita lihat bahwa (51,39 %) responden mengatakan materi matematika sudah baik dan sesuai dengan kurikulum 2013, serta materinya sudah mudah dipahami peserta didik. Sedangkan ada (48,61 %) responden yang tergabung dalam Gugus Delima Kota Banda Aceh, mengatakan bahwa ada beberapa materi yang ada pada buku guru dan buku siswa masih belum lengkap dan sulit dipahami peserta didik. Dari hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa persepsi guru yang tergabung dalam Gugus Delima terhadap materi yang ada pada buku guru dan buku siswa khususnya materi matematika belum sepenuhnya baik.

Kata Kunci : Persepsi guru, Materi Matematika di Buku Guru dan Buku Siswa

Pada Kurikulum 2013


References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Afikri, dkk. 2013. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas IV.Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. Jakarta.

Afikri, dkk.2013. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI.Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. Jakarta.

Arifin, Ainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung :

PT . Remaja Rosdakarya.

Danarjati, Dwi Prasetia, dkk. 2013. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Grava ilmu.

Daryanto, dkk. 2014. Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media.

Subekti A, dkk. 2014. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas V. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. Jakarta.

http://belajarpsikologi.com/pengertian-persepsi-menurut-ahli/.

http://theresianurani.blogspot.co.id/2014/06/penggunaan-buku-guru-dan-buku-siswa-.html?=1.

Hudoyono, Herman. 2003. Teori Belajar Mengajar Matematika. Jakarta :Cv. Remja Karya.

Lukaningsih, Zuyina. 2010. Pengembangan Keperibadian Untuk Mahasiswa Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Soedjadi, R. 2005. Pembelajaran Matematika Untuk Sekolah Dasar. Bandung : Tarsito.

Sudijono, Anas. 2010. Penerapan Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafika Persada.

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bnadung : Alfabeta.

. 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bnadung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2012. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

TIM FKIP Unsyiah. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. FKIP Unsyiah. Banda Aceh.

Wahyana, dkk. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Bandung : Penerbit Ruang Kata Imprint Kawan Pustaka.

Yulaelawati, Ella. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh