PELAKSANAAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DI GUGUS MANGGA KECAMATAN JAYA BARU KOTA BANDA ACEH

Sri risky Ramadani, Nurhaidah. Nurhaidah, Soedirman z. Soedirman

Abstract


Salah satu faktor tercapainya tujuan pembelajaran adalah pelaksanaan keterampilan mengajar guru. Penelitian ini akan mengangkat masalah bagaimana pelaksanaan keterampilan mengajar guru di Gugus Mangga Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan keterampilan mengajar guru di Gugus Mangga Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari guru-guru yang sedang mengajar. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru kelas I dan kelas IV di Gugus Mangga Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh yang berjumlah sepuluh orang. Alasan peneliti mengambil subjek tersebut atas pertimbangan dari kepala sekolah bahwa karena keterbatasan waktu dan tenaga sebaiknya cukup mengambil dua orang guru saja setiap sekolah yaitu guru kelas tinggi dan guru kelas rendah masing-masing satu orang agar bisa mewakili seluruh kelas.

Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Untuk mengolah data menggunakan rumus deskriptif persentase dan reduksi data, display data dan penarikan/verifikasi kesimpulan.

Hasil menunjukkan berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa guru kelas I dan IV di Gugus Mangga Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh dalam melaksanakan keterampilan mengajar berada pada kategori cukup dan disarankan untuk para guru agar dapat menjalankan pelaksanaan keterampilan mengajar lebih maksimal.

 

Kata Kunci : Keterampilan Mengajar, Guru

 


References


Alma, Buchari dkk. 2010. Guru Profesional-Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi dan Safruddin Cepi Abdul Jabar. 2008. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Aziz, Hamka Abdul. 2012. Karakter Guru Profesional Melahirkan Murid Unggul Menjawab Tantangan Masa Depan. Jakarta: Al-Mawardi Prima.

Hamalik, Oemar. 2002 Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bandung: PT. Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hasibuan. 2006. Proses Belajar Mengajar: Keterampilan Dasar Pengajaran Mikro. Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudijono, Anas 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RND. Bandung: Alpabeta.

Sukardi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

TIM FKIP Unsyiah. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh

Usman, Moh. Uzer. 2008. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja. Rosdakarya.

Yani, Ahmad. 2012. 12 Keterampilan Dasar Mengajar. Bandung:Cv. Pringgandani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh