IDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DENGANPENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS TINGGI GUGUS MANGGA KECAMATAN JAYA BARU BANDA ACEH

Suhartini. Suhartini, Fauzi. fauzi, Said Darnius

Abstract


Perubahan  kurikulum 2013 bertujuan untuk memperbaharui kurikulum menjadi lebih baik, namun dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, guru masih mengalami kesulitan seperti dalam menerapkan Pendekatan Saintifik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa sajakah kesulitan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik di kelas tinggi Gugus Mangga Kecamatan Jaya Baru Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik di kelas tinggi Gugus Mangga Kecamatan Jaya Baru Banda Aceh.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif.Data bersumber pada guru yang mengajar.Subjek penelitian ini adalah seluruh guru kelas tinggi yang ada di Gugus Mangga Kecamatan Jaya Baru Banda Aceh.

Pengumpulan Data di lakukan dengan angket, observasi dan wawancara.Data angket diolah dengan deskriptif persentase.Data wawancara dan observasi diolah dengan reduksi, display dan verification.Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan bahwa dalam menerapkan pendekatan saintifik guru masih mengalami kesulitan dalam menanya sebanyak 33,% dan kesulitan dalam menalar sebanyak 33%.

Kesimpulan penelitian ini adalah guru kelas tinggi di Gugus Mangga Kecamatan Jaya Baru Banda Aceh masih kesulitan dalam menerapkan pendekatan saintifik, khususnya pada langkah menanya dan menalar. Sehingga proses pembelajaran tidak sesuai dengan yang diharapkan. Disarankan untuk para guru agar lebih  banyak lagi menekankan kegiatan-kegiatan yang berkaitan menanya dan menalar, namun dengan cara yang dapat membuat siswa merasa tertarik, termotivasi, serta berlomba untuk memberikan gagasan/ide (menalar).

 

Kata Kunci :Identifikasi, Kurikulum, Pendekatan Saintifik, Kesulitan Guru


Full Text:

PDF

References


Arikunto,Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Atsan,M.F dan Rahmita Yuliana Gazali. 2013. Penerapan Pendekatan Scientific dalam pembelajaran Matematika SMP kelas VII materi bilangan(pecahan). Diakses pada 09 November 2013.

Dewantari, Puspita M.A. 2015. Identifikasi Kesulitan Guru Ipa Dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Smp Negeri 1 Wonogiri Tahun Pelajaran 2014/2015. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.(http://eprints.ums.ac.id/34337/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf) diakses pada tanggal 02 Juli 2016).

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamdani, 2011.Stategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

Hosnan.2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21.

Bogor: Ghalia Indonesia.

Kusumastuti, Ayuk, dkk. 2016. Faktor-Faktor Penghambat Guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 3 Surakarta.Jurnal Pendidikan Akuntansi, FKIP Universitas Sebelas Maret (online), Vol. 2, No. 1, hlm. 118-133, (file:///C:/Users/Aspire/Downloads/7876-16547-1-SM.pdf., diakses pada tanggal 02 Juli 2016).

Lusiana, 2014.Implementasi kurikulum 2013 melalui penerapan pendekatan Scientific dalam pembelajaran Matematika di sekolah. Diakses pada 02 mei 2014.

Nuh, Muhammad. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebud


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh