KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI ISI BACAAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN LAMREUNG ACEH BESAR

Rahmi Masta, Adnan. adnan, M.Yamin. M.Yamin

Abstract


Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah sejak Sekolah Dasar sampai perguruan tinggi. Mata pelajaran ini sangat penting untuk diajarkan di sekolah. Mata pelajaran Bahasa Indonesia di selenggarakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bersosialisasi dengan sesama dalam berbagai kesempatan baik tulis maupun lisan. Salah satu aspek yang terdapat dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia ialah membaca. Melalui membaca anak akan memahami informasi yang disampaikan penulis dalam suatu tulisan. Penelitian yang berjudul “Kemampuan Siswa Memahami Isi Bacaan Deskripsi Siswa Kelas V SDN Lamreung Aceh Besar”. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah tingkat kemampuan siswa memahami isi teks deskripsi di kelas V SDN Lamreung Aceh Besar?.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikankemampuan siswa memahami isi teks deskripsi kelas V SD Lamreung Aceh Besar. Subjek dalam penelitia ini adalah siswa kelas V Sd Lamreung Aceh Besar yang berjumlah sebanyak 21 orang siswa, terdiri dari 12 siswa perempuan dan 9 siswa laki – laki.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan membagikan instrument berupa tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam memahami isi teks deskripsi. Tes dibuat dalam bentuk choice, yang terdiri dari 10 butir soal. Tes ini di lakukan di kelas V SDN  Lamreung Aceh Besar.

Berdasarkan hasil penelitian di SDNLamreung Aceh Besar, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Analisis data yang di lakukan dengan rumus presentasi pada materi teks deskrispi  hasil belajar siswa sudah sangat baik, (2) Analisis data yang dilakukan dengan rumus presentasi pada butir soal mampu di jawab dengan baik oleh siswa.

 


References


Ahmadi,Abu dan Uhbiyati,Nur 2003. Ilmu Pendidikan : Rhineka Cipta ; Jakarta

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), 2006. Standar Kompetensi dan

Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta

Djojosuroto, Kinayati.2006. Analisis Teks Sastra dan Pengajarannya, Yogyakarta:

Penerbit Pustaka

Fajar, Rachmawati.2008. Dunia Di Balik Kata (Pintar Membaca). Yogyakarta: Grtra Aji Parama

Gramedia Pustaka Utama. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta.

Hairuddin, Pandawa Nurhayati dan Sakdiyah, Mislinatul. 2009. Pembelajaran Membaca: Jakarta; Departemen Pendidikan Nasional

Kosasih, E. 2003. Ketatabahasaan dan Kesusasteraan. Bandung: Yrama Widya Press

Marahimin, Ismail. 2010. Menulis Secara Popular. Jakarta: Pustaka Jaya.

Nasir, Ernawati. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman

Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas V SDN Sabelak

Kecamatan Bulagi Selatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako

Rahim,Farida 2005. Pengajaran Membaca Di sekolah Dasar : Bumi Aksara : Jakarta

Roestiyah 2012. Strategi Belajar Mengajar : Rhineka Cipta : Jakarta

Semi, M. Atar. 2009. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sufanti. 2008. Strategi Pengajaran Bahasa dan sastra Indonesia. Kadipiro Surakarta: Yuma Pustaka

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitaif. Bandung: Alfabeta

Suharsimi,Arikunto.2011. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sunarto H, dan Hartono,Agung,B 2008. Perkembangan Peserta Didik: Jakarta Rhineka

Suparno dan Muhammad Yunus.2006. Keterampilan Dasar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh