PENGARUH GAME PLAYSTATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 69 BANDA ACEHPENGARUH GAME PLAYSTATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 69 BANDA ACEH

cut rosi Dyanti, Intan Safiah, Rosma Elly Elly

Abstract


Game Playstation merupakan salah satu bentuk produk perkembangan teknologi yang bergerak dibidang permainan. Game ini mempunyai CPU (central processor unit) yang terbentuk grafis 3 dimensi sehingga permainan yang ditampilkan tampak seperti nyata. Penelitian ini memaparkan pengaruh game playstation terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh game playstation terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian yaitu menggunakan regresi linear sederhana. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 orang dan mengambil sampel secara acak yang hanya bermain game playstation sebanyak 15 orang. Data penelitian ini bersumber dari nilai akhir (raport) siswa kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 69 Banda aceh sangat rendah dilihat dari nilai raport siswa. 2. Adanya pengaruh antara bermain game playstation terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh, hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi sebesar 1666. Jadi dapat disimpulkan bahwa para siswa yang gemar bermain game playstation adanya pengaruh pada hasil prestasi belajarnya terbukti dari nilai prestasi yang sangat rendah dan semua variabel bebas (X) ada pengaruh terhadap varibel terikat (Y) sebesar 1.666.

 

Kata Kunci : Playstation, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


A.B., Rab. 2006. "Dampak Video Games Pada Anak Perlu Diwaspadai", (Online), (http: // www.pembelajar.com/wmview.php?ArtID=491&page=2, diakses 14 Agustus 2016).

Adikara, R.E. “Bermain Game Baik atau Buruk”, (Online), (http:www.google.com, diakses 14 Agustus 2016).

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek. edisi revisi VI, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Asosiasi Dokter Amerika Resah Akan Dampak Playstation. (http://id.wordpress.com. 2007.

Departemen Agama RI. Game Dalam Perspektif Islam. Pelita IV/Tahun1/2001/2002.

Dampak Buruk Bisnis Rental PlayStation Bagi Anak Pelajar (http:www.google.com, diakses 14 Agustus 2016).

Danarjati Dwi Prasetia, dkk. 2014. Pengantar Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

FKIP. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Hamid, Farida. 2002. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Apollo Lestari.

Munandar, Utami. Juni 2010. “Penelitian Pengaruh Game Playstation terhadap Prestasi Belajar”. Jurnal prestasi,(Online), diakses 14 Agustus 2016.

John Bolongan. 2010. ”Bermain Game, Baik atau Buruk?”.(Online), (http: www.google.com, diakses 1 Mei 2016).

Jumarni. 2013. “Pengaruh Game Playastation Terhadap Perilaku Agresif”,(Online), (http;//www.scribd.com/., diakes 29 Juli 2016).

Mandalamaya, 2015. ”Pengertian Game Playstation”.(Online), (http: www. google.com, diakses 14 Mei 2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh