PROFESIONALISME KINERJA GURU DI SD NEGERI 22 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017PROFESIONALISME KINERJA GURU DI SD NEGERI 22 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017

Sitia Mentari, Hajidin. hajidin, Nurmasyitah. Nurmasyitah

Abstract


Guru profesional memegang kunci utama bagi peningkatan mutu pendidikan masa depan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Profesionalisme Kinerja Guru di SD Negeri 22 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profesionalisme kinerja guru di SD Negeri 22 Banda Aceh 2016/2017.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari guru. Subjek penelitian ini adalah 6 orang guru kelas yang masing-masing kelas diambil satu orang guru kelas saja. Alasan peneliti mengambil subjek tersebut atas pertimbangan dari kepala sekolah bahwa karena keterbatasan waktu dan tenaga sebaiknya cukup mengambil satu orang guru saja setiap kelas agar bisa mewakili seluruh kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, observasi dan wawancara. Untuk mengolah data, angket menggunakan rumus deskriptif persentase, untuk mengolah data Observasidan wawancara digunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 76% guru profesional dalam menjalankan perannya sebagai guru pembelajaran dan berada pada kategori baik. Sedangkan 24% lainnya belum menjalankan perannya sebagai guru pembelajaran dengan maksimal. Disarankan untuk para guru dapat agar mempertahankan profesionalisme kinerjanya didalam pembelajaran.

 

Kata Kunci : Profesionalisme, Kinerja Guru


References


Arikunto. Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Aziz, Hamka Abdul. 2012. Karakter Guru Profesional,Jakarta Selatan: AL Mawardi.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah, 2016. Buku Pedoman Penulisan Skripsi. Universitas syiahkuala Darussalam, Banda Aceh.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kunandar. 2010. Guru Profesional, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

. 2006. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusyan, Tabrani. 2014. Membangun Guru Berkualitas, Jakarta : PT. Pustaka Dinamika.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. 2007. Profesi Kependidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto. Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Aziz, Hamka Abdul. 2012. Karakter Guru Profesional,Jakarta Selatan: AL Mawardi.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah, 2016. Buku Pedoman Penulisan Skripsi. Universitas syiahkuala Darussalam, Banda Aceh.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kunandar. 2010. Guru Profesional, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

. 2006. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusyan, Tabrani. 2014. Membangun Guru Berkualitas, Jakarta : PT. Pustaka Dinamika.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. 2007. Profesi Kependidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Banda Aceh